Antisipasi Penyakit Kaki Gajah Muspika Tanah Jambo Aye Salurkan Obat Pencegahan

73
Antisipasi Penyakit Kaki Gajah Muspika Tanah Jambo Aye Salurkan Obat Pencegahan
M.Nasir Keuchik Gampong Matang Teungoh, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Saat menggelar minum obat pencegah penyakit Kaki gajah bersama H.Hendra Sefrizal ,SKM M,Kes Kapus Lhokbeurigen dan petugas Puskesmas , Selasa 10/10/Azhar)

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH UTARA – Untuk mengantisipasi/pencegahan penyakit Kaki Gajah, Muspika Kecamatan Tanah Jambo Aye,, Kabupaten Aceh Utara melaksanakan kegiatan sosialisasi sekaligus minum obat  secara simbolis untuk  pencecahan penyakit Kaki Gajah bagi masyarakat di 47 gampong dalam wilayah kecamatan  setempat. Untuk tahun 2017 dimulai pada  selasa 10 Oktober 2017 yakni di Gampong Sama Kurok dan Matang Teungoh.

Kegiatan serimonial sekaligus kegiatan minum obat  bersama  secara massal dimulai dari pukul 10.30.Wib hingga pukul 12.00.Wib. dipuasatkan  dimenasah kedua gampong tersebut.

Kepala  Puskesmas Kecamatan Tanah Jambo Aye. Dr Harry Laksamana, usai melakukan kegiatan tersebut diruang kerjanya kepada media ini menerangkan, kegiatan serimonial dan minum obat secara simbolis bersama Muspika, sejumlah aparatur gampong dan masyarakat, itu atas permintaan Camat Tanah Jambo Aye, “dihari pertama kami laksanakan digampong Samakurok, untuk Gampong Matang Teungoh dilakukan oleh petugas Puskesmas Lhokbeuringen, karena di Kecamatan Tanah Jambo Aye, ada dua puskesmas”. Katanya

Dr Harry juga menerangkan, kegiatan akan di laksanakan secara rutin ke 47  gampong  di Tanah Jambo Aye, “mungkin dalam satu hari bisa mencapai 2 atau 3 gampong, karena mengingat waktu yang  terbatas hingga oktober, dan pada awal September datanya akan kami kirim ke  Dinas Kesehatan”, tambahnya.

Untuk mencegah sambung penyakit kaki gajah, sambung dia,  dianjurkan masyarakat minum obat dalam setahun cukup sekali saja, “kita tadi juga sudah memberitahukan kepada warga, bahwa yang datang minum obat harus sarapan pag dulu, habis minum obat ini, biasanya  ada rasa mual itu pengaruh lambung  dan tidak apa apa,” kata Dr Harry.

“saya juga ada membawa dua dokter muda dari unimal lhokseumawe, yaitu Dr Dedy  dan Dr Yolanda, untuk membantu pemeriksaan, penyakit kaki gajah biasanya muncul disebabkan oleh nyamuk yang berkembang biak saat memasuki musim penghujan, minum obat sebagai bentuk pencegahan. Ada, 50 Orang lebih yang hadir , dan yang tidak hadir,, untuk siswa-siswi kita akan turun kesekolah-sekolah untuk memberikan  obat pencegah penyakit Kaki Gajah,” kata  Harry

Ia juga mengatakan , obat diberikan kepada masyarakat berusia remaja hingga orang tua. Tujuannya, agar masyarakat  tidak ada  yang terkena  dengan penyakit menular  seperti kaki gajah.

“Ini bentuk pencegahan, karena  pada saat memasuki musim penghujan biasanya  dari gigitan nyamuk  yang menyebabkan  penyakit  kaki gajah berkembang biak. Sehingga saat masyarakat sudah diberikan obat Pilariasis sebagai bentuk pencegahan, maka akan terbebas dari penyakit kaki gajah  ini merupakan bentuk kewaspadaan. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” kata  Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Bagaimana Menurut Anda?