Banjir Melanda Sejumlah Titik Di Aceh Jaya

73

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH JAYA – Banjir yang melanda beberapa kecamatan di Aceh Jaya, menyebabkan beberapa warga masyarakat terjebak akibat banjir yang terjadi.

Rusman Salam Kepala BPBK mengatakan, banjir hari Sabtu, 25 November 2017 disebabkan curah hujan tinggi di kabupaten ini. Ada beberapa masyarakat terjebak di sungai Masen, Kecamatan Darul Hikmah, ujar dia.

Pukul 17.00 Wib, air kembali naik ke pemukiman warga di Kecamatan Darul Hikmah, Desa Babah Dua, Masen dan sekitarnya serta Kecamatan Sampoiniet kemukiman Pante Purba.

Di Desa Masen, ada enam orang warga masyarakat terjebak diseberang sungai, bernama, Mawardi (60), Syahbandi (45), Syakitah (40), Usman (30), Syharudi dan Yus, usia sama, kata Rusman, Minggu (26/11).

Saat itu, lanjut dia, tim BPBK dengan kekuatan personel empat orang, ditambah empat orang lagi dari pos damkar Kuala Ligan, sudah meluncur ke lokasi warga yang terjebak banjir menggunakan kendaraan unit Rescue dan satu unit boat karet untuk melakukan evakuasi.

“ Tetapi akibat debit air sungai masen yang tinggi, evakuasi ini tidak dapat dilakukan oleh tim BPBK, Satgas SAR Aceh Jaya, “ terang dia.

Masih kata dia, evakuasi yang dilakukan semalam oleh tim BPBK dan Satgas SAR Aceh Jaya, serta masyarakat setempat tidak dapat dilakukan karena debit air sungai yang cukup tinggi dan deras, maka tim tidak dapat melakukan pertolongan

“ Sehingga, masih kata Rusman, kami meminta bantuan dari BASARNAS Meulaboh. Akhirnya evakuasi baru bisa dilakukan pagi ini, ketika debit air sungat mulai surut. Alhamdulilah masyarakat yang terjebak di sungai Masen sudah dapat dievakuasi pagi ini sekitar pukul 8, oleh tim BASARNAS dari Meulaboh”, pungkasnya.

Sementara menurut info yang diterima dari anggota Sayap (Solidaritas Aceh Jaya Peduli ), Hendri Bimbo, sapaan akrabnya, luapan air sudah mulai naik di beberapa titik, ujar dia.

“ Seperti Kecamatan Pasi Raya Gampong Pulo Tinggi, sedangkan Kecamatan Teunom, Rambong Payong, Kampong Baroe, Ladang Baroe dan Simpang Ulim, air mencapai ketinggian 80 senti sampai 1 Meter, “ terang Hendri.

Sementara Rusman saat dihubungi pemenyatakan, banjir pada titik lokasi yang dimaksud,

“ Untuk data terbaru banjir akan segera kami sampaikan, ini masih dalam pendataan, karena banjir masih naik turun. Nanti kami berikan kabarnya, “ tutup dia.

Bagaimana Menurut Anda?