IPSM Laporkan Kebutuhan Relawan

695

BUANAACEH.COM, LHOKSEUMAWE – Seribuan anggota Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Aceh Utara mengadakan rapat koordinasi di pendopo Bupati Aceh Utara, pada Sabtu, 10 Oktober 2016 lalu. Dalam kesempatan tersebut mereka melaporkan berbagai kebutuhan untuk relawan kawasan pedalaman.

Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Tanah Jamboaye, Akmal dalam Rapat Koordinasi itu meminta Bupati H. Muhammad Thaib membantu ambulan untuk kebutuhan evakuasi pasien kawasan pedalaman. Menurutnya, meskipun biaya berobat sudah gratis, namun masih banyak pasien yang menderita berbagai penyakit terlantar di rumahnya.

“ Keluarga pasien juga tidak punya biaya untuk menjaga pasien  di rumah sakit. Sehingga pasien terpaksa dirawat di rumah dengan perawatan secara tradisional,” kata dia.

Kata dia anggota IPSM Aceh Utara tersebar sampai ke desa-desa.

“Kita sering menerima keluhan keluarga pasien,” tambah anggota IPSM Matang Kuli. Setelah diterima informasi, mereka membantu dengan bantuan dana masyarakat yang dikumpulkan melalui media sosial.

Sementara Ketua IPSAM Aceh Utara, Muktaruddin mengatakan selama ini telah dilakukan berbagai hal untuk membantu masyarakat miskin. Diantaraya, pembentukan pengurus IPSM kecamatan yang telah mencapai 100 persen. Juga pembentukan IPSM Gampong yang mencapai 89 persen.

Selain itu, pendataan data base anak yatim, yatim piatu dan anak yatim korban konflik. Mereka juga melakukan pendataan rumah yang belum ada listrik, pendataan kepala keluarga perempuan, dan data base PMKS. Relawan juga melakukan bedah rumah, menggerakkan TRC dan penanggulangan aliran sesat.

Bupati Muhammad Thaib mengakui telah menerima berbagai masukan dari relawan. Pihaknya menampung semua masukan tersebut, untuk meningkatkan pembangunan di Aceh Utara. Muhammad Thaib telah memerintahkan dinas sosial agar segera membantu sarana transportasi yang dibutuhkan untuk evakuasi pasien.

Bupati juga meminta, IPSM ikut membantu petani mengembangkan berbagai peralatan teknologi yang telah disedikan pemerintah daerah. Seperti, membantu memanfaatkan hand traktor, alat pemotong padi dan peralatan tanaman padi

Bagaimana Menurut Anda?