Kembangkan Kewirausahaan, SDM, Dan Infrastruktur, Aceh Jaya Gelar Bursa Inovasi Desa

870 dibaca
Bursa Inovasi Desa di Gedung Pelabuhan Calang

BUANAINDONESIA.CO.ID, CALANG – Bursa Inovasi Desa yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana bersama Kementerian Desa, di Gedung Pelabuhan Calang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pengembangan kewirausahaan, sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

Bupati Aceh Jaya, Teuku Irfan TB, mengatakan, setiap desa minimal mempunyai satu program unggulan. “Sehingga, dengan adanya program yang diunggulkan dapat meningkatkan sumber anggaran gampong. Untuk pendamping gampong, diharapkan bisa lebih aktif, serta saling mengenal,” kata Irfan, Kamis, 28 Desember 2017.

Lanjut Irfan, untuk penggunaan dana desa, diharapkan, Geuchik lebih terarah dalam menggunakan dana gampong. “Jangan sampai ada Geuchik disini yang terlibat kasus hukum, dalam pengelolaan anggaran gampong dan masuk penjara,” harap Irfan.

Irfan menyarankan, perwakilan Kementerian Desa agar tim pendamping desa dapat dikembalikan kepada pemerintah daerah, karena orang daerah lebih memahami permasalahan dan pembangunan daerahnya.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya siap mendukung program-program inovasi gampong ini. Sehingga, setiap masyarakat, kedepannya merasakan manfaat dari program yang dilakukan pada setiap gampong,” ujar Irfan.

EDITOR: WN

Bagaimana Menurut Anda?