Kompol Adli: Perlu Upaya Pemberantasan Pungli Secara Tegas

74
Acara Sosialisasi Penindakan Dan Pembersihan Pungutan Liar

BUANAINDONESIA.CO.ID, CALANG – Satgas Saber Pungli melaksanakan Sosialisasi Penindakan Dan Pembersihan Pungutan Liar (Pungli) di Kantor Bupati, Aula Setdakab, Kabupaten Aceh Jaya. Kamis, 7 Desember 2017.

Ketua Satgas Saber Pungli, Wakapolres Aceh Jaya, Kompol Adli menyampaikan, sosialisasi yang dilaksanakan tersebut, baru tahap pertama.

Kompol Adli menuturkan, tahun 2017, baru satu kasus OTT yang ditangkap yaitu, di Badan Pertanahan Aceh Jaya, yang dilakukan oknum pegawai honorer, untuk uang pengurusan revisi penerbitan sertifikat tanah sebesar Rp. 500.000.

“Sedangkan untuk laporan yang masuk sudah ada, terkait dugaan pungli, tetapi belum bisa kita publikasikan, karena laporan yang diterima keakuratannya belum valid,” tuturnya.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan dapat disampaikan pada seluruh jajaran polisi.

“Praktik pungli telah merusak sendi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu efektif dan mampu menimbulkan efek jera dalam upaya pemberantasan pungli. Hal ini, sesuai dengan Pepres Nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar,” kata Adli.

Tugas prioritas Satgas Saber Pungli yaitu, membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli dengan menggunakan IT, menumbuhkan budaya anti pungli, menyederhanakan birokrasi pelayanan, memberikan reward dan punishment, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang pemberantasan pungli, serta mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemberantasan pungli dengan melaksanakan rapat koordinasi, menyiapkan piranti lunak dan keras untuk kesiapan pelaksanaan kegiatan.

EDITOR: WN

Bagaimana Menurut Anda?