Musim Kemarau Tiba, Waspadai Karhutla, Pesan Dandim Aceh Jaya

3.053 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH JAYA – Musim kemarau dengan kondisi cuaca yang panas melanda Wilayah Kabupaten Aceh Jaya, akhir – akhir ini. Kondisi seperti ini akan sangat rentan serta dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), bila kita tidak waspada.

Untuk mengantisipasi kejadian Karhutla tersebut, Kodim 0114/Aceh Jaya, melalui prajurit Babinsa menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar mewaspadai kebakaran hutan.

Begitupun dengan Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya, dia menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena dikhawatirkan akan menjadi penyebab terjadinya Karhutla, tukas dia.

“Saya menghimbau kepada masyarakat disaat musim kemarau seperti ini, jangan membuka lahan dengan cara dibakar. Karena, berpeluang besar terjadinya kebakaran hutan dan lahan “, kata Letkol Kav Andhie Suryatama, Rabu (13/06/2018).

Andhie, mencontohkan peristiwa kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Aceh Selatan, yang baru saja terjadi. Dia berharap peristiwa itu tidak terjadi di tempat lainnya, tegas Dandim. “Kebakaran hutan di Aceh Selatan baru saja selesai jangan sampai kejadiaan yang sama terulang”.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, himbauan seperti ini sangat perlu dilakukan, karena Wilayah Kabupaten Aceh Jaya, sangat rentan dengan kebakaran hutan, ujarnya. “Seperti, di Kecamatan Panga, dan Kecamatan Teunom yang memiliki lahan gambut”, jelas dia. Himbauan seperti ini sangat perlu dilakukan karena Wilayah kabupaten Aceh Jaya, sangat rawan dengan Karhutla.

Selain itu dia juga berharap, kepada masyarakat agar memperhatikan hal – hal kecil yang dapat menjadi penyebab kebakaran seperti membuang puntung rokok dipinggir jalan, katanya.

“Kepada masyarakat agar memperhatikan hal – hal kecil yang dapat menjadi penyebab kebakaran, seperti membuang puntung rokok dipinggir jalan, saat ini rumput dipinggir jalan sudah mulai mengering”, pesan Dandim Aceh Jaya.

Apabila nantinya ada masyarakat yang melihat aktifitas membuka lahan dengan cara membakar, segera laporkan kepada Polsek maupun Koramil, jika melihat aktifitas membuka lahan dengan cara dibakar, tutup Letkol Kav Andhie Suryatama.

Bagaimana Menurut Anda?