Peringati Hari Pahlawan Kodim dan Polres Gelar Upacara di Makam Cut Nyak Meutia

58

BUANAINDONESIA.CO.ID, LHOKSEUMAWE – Komando Distrik Militer (Kodim) 0103 dan Kepolisian Resort (Polres) Aceh Utara akan menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Komplek Makam Cut Nyak Meutia di kawasan hutan lindung Gunong Lipeh, Pirak Timu, Aceh Utara tanggal 10 Nopember mendatang.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, Kamis (09/11) saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya bersama sama dengan Polres Aceh Utara mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama sama melaksanakan peringatan hari Pahlawan dengan berziarah dan berdoa di tempat makam Pahlawan Nasional Cut Mutia yang terletak di kawasan hutan lindung gunung lipeh Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara itu.

“Hari ini seluruh peserta berkumpul di Komplek Perkantoran Muspika Pirak Timu selanjutnya bersama sama berjalan kaki berangkat menuju makam dan menginap di sekitaran Makam,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa saat ini beberapa personil Kodim, Polres Aceh Utara, Mahasiswa dan masyarakat setempat sejak hari rabu telah berada di lokasi Makam untuk melakukan pembersihan dan memberbaiki kondisi makam yang rusak karena faktor alam.

Sedangkan hari ini, lanjut Fadjar, seratusan anggota TNI/Polri, dan unsur Muspika Matang Kuli dan Pirak Timu, dari mahasiswa dan beberapa tokoh serta masyarakat berangkat dengan berjalan kaki menuju lokasi makam Cut Nyak Meutia yang berada di kawasan hutan lindung.

“Hari ini kita berangkat dan menginap, besok kita ziarah dan kemudian mengaji atau berdoa bersama sama,” kata Letkol Kav Fadjar.

Ia juga mengatakan Pelaksanaan Ziarah ke makam itu bukan hanya mengunjungi dan menabur bunga, tapi bertujuan untuk memanjatkan doa dan mengingat jasa pahlawan yang telah gugur mendahului, “ziarah ini mempunyai makna yang mendalam, karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan kesatuan bangsa dan untuk meresapi perjuangan para Pahlawan demi kemerdekaan Bangsa dan Negara Indonesia”. Tukasnya.

Bagaimana Menurut Anda?