Tumbuhkan Minat Membaca Warga. Ini Yang Dilakukan Jajaran Kodim Aceh Jaya

3.978 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH JAYA -Membaca merupakan kunci dalam proses belajar. Saat seseorang memiliki kemampuan membaca yang baik, maka ia akan dapat menyerap berbagai macam pengetahuan. Hal ini penting untuk meningkatkan kesempatan orang tersebut dalam memperbaiki kehidupannya.

Kodim 0114/Aceh Jaya, merupakan salah satu satuan teritorial dalam jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI – AD), berupaya memberikan pendidikan kepada masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan Kodim Aceh Jaya, dengan menyediakan Motor Pintar di setiap Koramil jajarannya.

Menurut info yang dihimpun, motor pintar tersebut dalam pelaksanaan di lapangan, dioperasikan oleh pesonil Babinsa. Dan motor itu, sudah dilengkapi keranjang, berisi berbagai jenis buku. “Dari buku pelajaran, buku agama, majalah, tabloid, buku pertanian, buku peternakan, perikanan dan beragam buku – buku lainnya,” ujar salah satu masyarakat.

Babinsa Koramil 04/Calang, Serda Sefriansyah, personil operasional motor pintar di Desa binaannya, Desa Sentosa, Kecamatan Krueng Sabee, kepada media, hadirnya kendaraan ini, ditengah – tengah masyarakat  yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, dengan harapan dapat menumbuhkan minat membaca mereka, kata dia, Kamis (12/7/2018).

“Tujuan menghadirkan Motor Pintar ini, untuk menumbuhkan minat membaca warga. Kita sediakan berbagai jenis buku yang menarik untuk dibaca, tukasnya. Dipersilahkan kepada warga mau memilih buku apa saja.”

Sefriansyah menambahkan, semakin sering membaca akan semakin banyak ilmu yang diperoleh. Sehingga harus sesering mungkin membaca buku agar memperoleh ilmu yang lebih banyak, katanya.

“Sedikit atau banyak, pasti memperoleh ilmu dari buku yang di baca ini. Kalau kita tidak sering membaca, maka tidak dapat ilmu. Tidak mempunyai ilmu, maka akan ketinggalan, ucapnya. Untuk kedepannya harus lebih giat lagi dalam membaca”, pesan Serda Sefriansyah.

Untuk diketahui, kata dia, kehadiran Motor Pintar Kodim 0114/Aceh Jaya ini, tidak hanya di tengah – tengah masyarakat umum saja. Motor Pintar  ini sudah sering masuk ke sekolah – sekolah yang berada di wilayah Aceh Jaya, papar Babinsa Koramil Calang.

Bagaimana Menurut Anda?