Air Terjun Napal Carik Butuh Sentuhan

1.499 dibaca

MUARAENIM, Buanaindonesia.com- Sebagai salah satu lokasi wisata baru di Kabupaten Muaraenim, air terjun Napal Carik desa Muara Emil kecamatan Tanjung Agung Muaraenim nampaknya belum sepenuhnya dikelola secara maksimal. Hal ini berbeda dengan air terjun yang jadi kebanggaan kabupaten Muaraenim. Yaitu obyek wisata Bedegung.

Obyek wisata air terjun Bedegung di Desa Bedegung Kecamatan Tanjung Agung yang lebih dulu dibuka, mempunyai banyak fasilitas pendukung. Namun air terjun Napal Carik terbilang masih minim fasilitas pendukung, seperti akses jalan menuju lokasi yang belum memadai, aman dan nyaman. Begitu juga dengan fasilitas lokasi parkir pengunjung dan jaminan keamanan pengunjung.

“Air terjun ini memang sudah lama dikenal masyarakat, tetapi akses jalan yang masih belum memadai, aman, dan nyaman. Jadi masih sedikit warga mau ke sini,” tutur Dinata (45). warga Tanjung Agung, Minggu (05/04/15).

Menurutnya, yang menjadi keluhan masyarakat selama ini adalah akses jalan yang belum memadai. Lanjutnya, kendaraan rodah 4 (empat) belum dapat menuju hingga lokasi air terjun. Untuk menuju ke lokasi air terjun napal carik tersebut hanya bisa menggunakan sepeda motor. Itupun harus melalui jalan setapak yang masih berupa tanah dan licin saat cuaca hujan.

“Kalau pas cuaca hujan seperti ini jalannya licin dan berlumpur, sangat sulit dilalui,”ungkap Dinata.

Untuk menuju ke obyek wisata air terjun napal carik tersebut, para pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 10 kilometer dari pusat pemerintahan Tanjung Agung.

Kata dia, jalan yang sudah bagus menuju lokasi tersebut dari simpang mulak sampai puyang patang aur sekitar 2 kilometer. Selanjutnya, untuk menuju lokasi masih harus berjalan melewati kebun warga.

“Jalan naik turun dan banyak tikungan, ketika cuaca hujan susah dilalui,”imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Agung mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Pemkab Muaraenim untuk membuka akses jalan yang memadai untuk menuju ke lokasi air terjun napal carik tersebut.

“Jalan dari Desa Muara Emil menuju lokasi objek wisata Napal Carik sepanjang 10 km, nanti ada pembukaan akses jalan bagus menuju lokasi,” ucapnya. (Siswanto)