Atasi Bunyi Dengung Pada Mobil Saat Melaju Dijalan Mulus

493

JAKARTA, Buanaindonesia.com- Banyaknya jalan-jalan rusak karna pengaruh intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini membuat mobil angkutan umum termasuk mobil pribadi sering mengalami kerusakan pada lahar atau bearing roda.

Kang Nana seorang montir di jakarta. mengaku, sering mendapat panggilan untuk memperbaiki mobil langgananya.

“Selain memperbaiki mesin, akhir-akhir ini banyak juga dipanggil untuk mengganti laher roda yang rusak” Kata Nana jum’at (18/03/16).

Seringnya meniti jalan rusak dan masuk lobang diyakininya sebagai salah satu penyebab cepat rusaknya laher roda mobil. Meskipun Rusak, namun saat kerusakan belum begitu parah, terkadang tidak bisa hanya diketahui melalui metode digoyang.

“Cirinya memang mendengung. Walaupun kendaraan melaju dijalan mulus dengung masih terdengar didalam mobil. Meskipun kondisi Mesin dimatikan, tidak membuat bunyi dengung menghilang,” lanjut Nana.

Bila kerusakan pada kolahar roda tidak cepat diatasi sambung Nana, bukan tidak mungkin bisa berpengaruh rusaknya as roda serta habisnya kampas rem.

Meskipun mendengung, terang Nana, Jangan terburu untuk mengambil tindakan dengan segera menggati laher roda. Sebab, terkadang bunyi dengung bisa juga ditimbulkan kerna kondisi ban yang sudah tidak lagi baik atau ban benjol. Namun, bila kerusakannya karna ban benjol, biasanya saat kendaraan dipacu terasa goyang.

“Alangkah baiknya untuk mengecek seluruh permukaa ban terlebih dahulu. Kalau permukana seluruh ban sudah dipastika berkondisi  baik, baru mengecek lahar.” tandasnya.

Salah satu ciri lain untuk mengetahui rusaknya lahar adalah bila ditikungan bunyi denggung terkadang menghilang. Sebab, saat ditikungan berat beban terhadap ban yang mengalami rusak laher berkurang. Sehingga, otomatis suara dengung menghilang.

Melti (37) salah seorang warga palembang yang sering singgah ke jakarta. Megakui sempat mengalami stres karna adanya bunyi dengung dimobilnya, bagian depan. Semula melti mengira karna gardan. sebab, olinya telah lama memang belum diganti. Sehingga mengakibatkan gardan rusak.

“Semula saya coba ganti oli gardan, eh bunyi dengung tidak ada perubahan. Lalu saya coba tuker ban. Hasilnya tetep sama. Anenhnya saat ditikungan suara dengung memang hilang. Setelah diganti laher Alhamdulilla bunyi dengung tidak ada lagi.”tukas Melti.

Editor: Karnadi