Badan Geologi Targetkan 500 Titik Pengeboran Air Tanah Di 2018

76
Salah satu hasil pengeboran air tanah dari Badan Geologi

BUANAINDONESIA.CO.ID – Kepala Bidang Geologi, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Andiani MT, targetkan 500 titik pengeboran air tanah pada tahun 2018 diseluruh daerah di Indonesia.

Pemboran titik air tanah tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu dengan jumlah permintaan Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten sebanyak 7.500. Pada tahun 2017, Badan Geologi merilis hasil pengeboran dari tahun 2015 sampai 2017, terdapat 1.545 titik persebaran sumur bor di seluruh Indonesia, titik pengeboran paling banyak ada di daerah Jawa, karena salah satu indikator pengeboran, selain di daerah yang sulit air tanah, juga daerah yang padat penduduknya.

Andriani mengatakan, pengeboran titik air tersebut belum selesai semuanya dan pihaknya sedang melakukan percepatan penyelesaian.

“Memang belum semuanya, ada beberapa Provinsi yang belum selesai dan memang kita sedang percepatan untuk menyelesaikan kewajiban kita untuk membuat peta hydrologi dan pengeboran di setiap titik air di seluruh Indonesia. Semoga tahun depan bisa selesai, karena peta Hydrologi ini diperlukan Pemerintah Daerah sebagai sumber daya yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi dan Kota,” kata Andiani

Tahun 2017 Badan Geologi mengerjakan 250 titik bor air tanah di seluruh Indonesia, sedangkan 500 pengeboran pada tahun 2018 nanti, Badan Geologi akan prioritaskan daerah sulit air.

EDITOR: WN