Bang Haji : “Berlatih Vokal hingga Tutup Usia”

1.092 dibaca

MUSI BANYUASIN, Buanaindonesia.com– Kehadiran Raja dangdut H Rhoma Irama bersama Soneta Group di Kabupaten Musi Banyuasin baru-baru ini, setidaknya membuktikan eksistensi sang Raja Dangdut dalam bermusik. Meski telah berusia 65 tahun, namun penampilan di atas panggung tidak banyak mengalami perubahan.

Nyaris tidak ada yang berkurang dari kualitas suara musisi dangdut ternama ini. Aksi panggung sempurna yang dilakoninya bersama Soneta seolah tidak ada perubahan antara bang haji ditahun 80-an dengan saat sekarang ini. Bagaimana sebetulnya Bang Haji menjaga eksistensi seni musiknya? “Soal eksistensi itu urusan Allah. Bagi saya itu suatu anugerah yang harus dijaga dan terus ditingkatkan kualitasnya. Ini juga bukti janji Allah yang akan terus menambah nikmat bagi hamba-Nya yang bersyukur. Sampai saat ini saya terus berlatih vocal dan gitar. Ini akan saya lakukan sampai tutup usia,” tukas Rhoma Irama.

Menurut dia, salah satu cara mensyukuri nikmat yang diberikan kepadanya, ialah dengan banyak berlatih dan terus berupaya meningkatkan kualitasnya. Tidak heran, dari sekitar 800 lagu yang menjadi karyanya banyak memuat niali-nilai sosial budaya dan agama. Sebab Rhoma tidak hanya menganggap seni atau musik sebagai hiburan semata, tapi lebih dari itu juga dakwah dalam nada. Bahkan di usiannya yang tidak muda lagi. Rhoma tetap produktif dalam berkarya. Mulai dari menciptakan lagu, hingga membuat film yang sarat dengan pesan-pesan sosial keagamaan. (MC/EK)