Begini Solusi Dari Presiden Jokowi Atasi Banjir Di Jakarta

2.128 dibaca
Presiden RI Joko Widodo saat meninjau proyek Bendungan Ciawi (Cipayung) dan Bendungan Sukamahi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat 15 Desember 2017.

BUANAINDONESIA.CO.ID, BOGOR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan, pemerintah komitmen untuk mengatasi banjir di Ibu Kota Jakarta. Jokowi pun memaparkan sejumlah solusi mengatasi banjir di Jakarta.

Jokowi menjelaskan, di hulu Sungai Ciliwung, pemerintah sedang bekerja membangun Bendungan Ciawi (Cipayung) dan Bendungan Sukamahi dengan luas 49,8 hektare dengan biaya APBN Rp 1,1 triliun. Bendungan Ciawi (Cipayung) Rp 700 miliar dan Bendung Sukamahi Rp 400 miliar.

“Pembebasan lahan sudah 22 persen dan diharapkan pekerjaan konstruksi selesai pertengahan 2019. Dua bendungan ini akan mengurangi air masuk ke Jakarta 30 persen, akan mengurangi banjir di Jakarta 30 persen,” jelas Jokowi saat meninjau proyek Bendungan Ciawi (Cipayung) dan Bendungan Sukamahi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat 15 Desember 2017.

Presiden Jokowi memaparkan, selain di hulu sungai Ciliwung, hilir sungai juga harus dikerjakan. “Di Jakarta sendiri Kementerian PU terus akan melebarkan Sungai Ciliwung. Diharapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerjakan perbaikan drainase di kampung-kampung, semuanya harus dibersihkan, yang kedua, sungai-sungai kecil semua harus dibersihkan, yang ketiga, pemeliharaan waduk-waduk di Jakarta itu harus dikerjakan plus bisa menambah waduk-waduk. Itu akan sangat mengurangi sekali. Dan yang terakhir sodetan ini sebentar lagi selesai, dari Ciliwung ke Banjir Kanal Timur,” .

Jokowi menegaskan bahwa hal tersebut tanggung jawab Kementerian PU maupun Pemprov DKI. “Pusat maupun provinsi harus konsisten mengerjakan bersama-sama. Insya Allah akan banyak menyelesaikan persoalan banjir di Jakarta,” ujarnya.

EDITOR: WN