Ribuan Pelanggar Terjaring Operasi Zebra Selama 2 Minggu

108

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Berakhirnya pelaksanaan Operasi Zebra 2017 yang digelar selama empat belas hari oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Garut, berakhir hari Selasa 14 November 2017 dengan melaksanakan Ekspos di Mapolres Garut. Tertanggal 1 sampai dengan 14 November sedikitnya 51 kendaraan pelanggar lalu lintas telah diamankan Satlantas Polres Garut

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Garut, AKP Erik Bangun Prakasa Kepada Media

“Sampai hari ini ada sekitar 6.000 pengendara yang kena tilang. Mayoritas pelanggar tidak mempunyai SIM dan STNK. Disamping itu cukup beragam pelanggarannya, seperti tidak mengenakan helm, kaca spion, lampu sen/weser, sabuk pengaman, knalpot racing, tidak melengkapi administrasi kendaraan, serta pelanggaran lainnya,” kata Kasat Lantas.

AKP Erik menambahkan, dari 51 kendaraan bermotor yang diamankan jajarannya. Kendaraan tersebut terdiri dari 2 unit mobil dan 49 kendaraan roda dua. Diharapkan, pasca Operasi Zebra kesadaran masyarakat dalam berkendara diharapkan dapat semakin meningkat. Operasi tersebut serentak digelar jajaran kepolisian di seluruh Indonesia.

Selain sebagai bentuk penindakan terhadap pelanggar selama Ops Zebra Lodaya, kendaraan tersebut diamankan polisi untuk mengantisipasi peredaran kendaraan hasil curian di wilayah Garut.

“Jumlah curanmor yang terjadi akhir-akhir ini cukup tinggi. Maka dari itu Satlantas Polres Garut melaksanakan kegiatan imbangan berupa razia-razia di jalanan. Sehingga masyarakat juga yang berniat untuk membeli kendaraan hasil curian menjadi takut dan mengurungkan niatnya,” ungkap Erik.

( INFOGRAFIS : FARIS HADI ABDULLAH )