BPBD Lumajang Tetapkan Jalur Piket Nol Rawan Longsor, Pengguna Jalan Diminta Selalu Waspada

1.462 dibaca
Wawan HS dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang

BUANAINDONESIA.CO.ID, LUMAJANG- Kota Lumajang kini di guyur hujan deras. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang,  Wawan HS, menghimbau pengguna jalan jalur Piket Nol untuk berhati-hati, pasalnya jalur tersebut rawan longsor.

BPBD Lumajang menjelaskan, jika kawasan jalur lintas selatan, Piket Nol Lumajang menuju Malang Dampit telah dinyatakan sebagai kawasan rawan longsor, terlebih pada saat terjadinya hujan deras.

“Untuk masyarakat yang akan melintasi jalur lintas selatan, Piket Nol Lumajang menuju Malang Dampit, jika terjadi hujan mohon untuk beristirahat dulu, dan tidak melanjutkan perjalanansampai hujan reda. Bukan tidak boleh, tapi harus selalu waspada dan hati-hati.” tutur Wawan HS saat diminta keterangan, Sabtu, 27 Januari 2018.

Kawasan Piket Nol lereng gunung Semeru ini, merupakan kawasan yang sering kali terjadi longsor. Beberapa  titik juga telah mengalami retakan-retakan yang berpotensi terjadinya longsor.

“Jika sudah terjadi tanah longsor pada kawasan tersebut, maka sudah dapat dipastikan akan terjadi penumpukan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, karena kendaraan dengan kondisi sempitnya jalan tidak bisa melakukan putar balik.” pungkas dia.

Penulis: Wahyu

Editor: NA