Gunung Agung Meletus. 20 Daerah Akan Terdampak

981 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID DENPASAR – Letusan Gunung Agung terjadi pukul 17.05 WITA. Asap yang teramati bertekanan sedang berwarna abu tebal dengan ketinggian sekira 700 meter di atas puncak.

Abu letusan bertiup lemah ke arah Timur-Tenggara. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Agung, agar tidak berada di Zona Perkiraan Bahaya dalam radius 6 Kilometer dari kawah puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sekroral ke arah Utara-Timur laut dan Tenggara-Selatan-Barat daya sejauh 7,5 Kilometer.

Sekitar 20 daerah sekitar gunung Agung akan terkena dampak dari letusan ini. Daerah yang terdampak antara lain Dusun Br. Belong, Pucang, dan Pengalusan (Desa Ban), Dusun Br. Badeg Kelodan, Badeg Tengah, Badegdukuh, Telunbuana, Pura, Lebih dan Sogra (Desa Sebudi); Dusun Br. Kesimpar, Kidulingkreteg, Putung, Temukus, Besakih dan Jugul (Desa Besakih); Dusun Br. Bukitpaon dan Tanaharon (Desa Buana Giri); Dusun Br. Yehkori, Untalan, Galih dan Pesagi (Desa Jungutan); dan sebagian wilayah Desa Dukuh.

Masyarakat sekitar Gunung Agung diharapkan untuk tetap tenang dan menjaga kewaspadaan serta mengikuti himbauan Pemerintah sesuai dengan rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

( Sumber Data: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral)

( EDITOR: WN )