Hari Ini, Hotel dan Restoran Diimbau Sediakan Menu Spesial Ketupat 

136

BUANAINDONESIA.CO.ID, BOGOR  – Seluruh pemilik atau pimpinan hotel dan restoran di kawasan wisata Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, diimbau menyediakan menu spesial tambahan ketupat pada hari ini, Rabu 15 November 2017. 

Imbauan ini disampaikan oleh Camat Cisarua, Bayu Rahmawanto, melalui surat bernomor 000/370-Kec tanggal 13 November 2017.

Dalam isi suratnya, camat menjelaskan bahwa dalam rangka melestarikan tradisi setiap hari Rabu terakhir bulan Syafar masyarakat Puncak memperingati Hari Rabu Wekasan (Rebo Kasan). Bentuk tradisi ini di antaranya warga membuat menu ketupat (kupat).

Para pelaku usaha hotel dan restoran termasuk Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Budi Sulistyo, merespons positif imbauan ini.

“Menurut kami itu bagus juga, sebab itu untuk melestarikan budaya Jawa Barat khususnya Bogor, dan itu (ketupat) cuma menu tambahan,” katanya.

Manager Hotel Prabu Cisarua, Witoro, merespons hal senada. Bahkan pihaknya rutin menyediakan menu spesial ketupat setiap Rebo Kasan.

“Intinya kami sangat setuju kalau acara Rebo Kasan ini dijalankan setiap tahun khususnya di jalur Puncak ini. Utamanya mungkin acara ini bentuk syukuran atas nikmat yang diberikan Allah SWT sampai saat ini. Kalau bisa memang digelar bersama dan syukuran doa bersama untuk tolak bala,” ungkap Witoro yang juga Manager Hotel dan Restoran Arimbi.

Pada pagi hari ini, masyarakat Kecamatan Cisarua juga menggelar kegiatan Kirab Ketupat dan Karnaval Ketupat start di rest area Cilember, Jalan Raya Puncak.

Rebo Wekasan secara bahasa adalah hari Rabu Terakhir. Tapi sebagai istilah tradisi yang dikenal maksudnya adalah hari Rabu Terakhir dari bulan Safar, yaitu bulan ke-2 dari 12 bulan penanggalan Hijriyah. Karena itu tradisi ini sangat kental dengan Islam.

Tradisi Rebo Wekasan adalah sebuah tradisi memperingati hari Rabu terakhir di bulan Safar. Tujuan peringatan itu adalah menolak bencana, talak balak. Kegiatan yang dilakukan berkisar pada berdoa, Shalat Sunnah, bersedekah. Kegiatan-kegiatan itu bisa bermacam-macam dalam praktiknya