Bangkai Kapal MV Viking Lagos di Pangandaran Diduga Dibakar

4.496 dibaca
Bangkai Kapal MV Viking Lagos yang dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. (BUANA INDONESIA NETWORK/istimewa).

BUANAINDONESIA.CO.ID, PANGANDARAN –  Diduga dibakar oleh orang tidak bertanggung jawab bangkai kapal MV Viking Lagos di perairan pantai barat Pangandaran terbakar dan mengeluarkan asap tebal. Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut pelaku ingin mengambil sisa-sisa peralatan yang ada di dalam bangkai kapal tersebut.

Berdasarkan laporan dari nelayan ke Pos TNI Angkatan Laut, bahwa adanya asap pekat hitam yang bersumber dari bangkai kapal Viking Lagos. Pada Senin pagi, 7 Mei 2018 diperkirakan pukul 06.00 WIB Pos TNI AL mendapat laporan dari nelayan bahwa kapal MV Viking terbakar.

Saat dikonfirmasi Komandan Pos TNI AL Pangandaran, Peltu Laut (P)  Dayat Sudrajat membenarkan dugaan dibakarnya bangkai kapal MV Viking Lagos tersebut. Berdasarkan laporan tersebut, petugas kemudian mengambil tindakan untuk mengecek kondisi kapal tersebut, sesampai dilokasi ternyata benar, api dan asap tebal masih menyala di geladak bagian haluan kapal.

“Api yang diduga keluar dari dalam lambung kapal mulai mengecil dan asap hitam pun mulai berkurang. Apalagi setelah tim petugas Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran tiba di lokasi dan berusaha untuk melakukan pendinginan yang di bantu oleh anggota TNI AL dan Polair.” Terang Dayat Sudrajat.

Dikatakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena menuturkan, bahwa api keluar dari geladak bagian haluan kapal. Pemadam melakukan pendinginan dan asap sudah berkurang. Hanya api di dalam lambung kapal masih menyala walaupun tidak besar seperti sebelumnya.

“Pasukan kami melakukan pemadaman  dengan cara penyiraman dengan air laut dan apar.” Ucapnya.

Kepolisian dan TNI AL akan melakukan penyelidikan dan pemeriksaan penyebab  terjadinya kebakaran bangkai kapal tersebut.