Bentuk Dewan Presidium, PM Gatra Kembali Perjuangkan DOB Garut Utara

9.047 dibaca
BUANAINDONESIA.CO.ID, Garut – Momen Bulan Suci Ramadhan tahun ini dijadikan ajang silaturahmi dan diskusi oleh Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM GATRA) pada Hari Selasa 12 Juni 2018, bertempat di Limbangan, hadir dalam acara buka bersama Ketua PM Gatra Rd.H.Holil Umarzein, Sekjen Gatra Imron Abdul Rozak, Politisi sekaligus Pengacara Cecep Suhardiman serta Pengurus Jajaran PM Gatra.
Kepada  Buanaindonesia.co.id Holil menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda buka bersama sekaligus ajang silaturahmi bersama jajaran pengurus PM Gatra yang telah lama tidak pernah diadakan sejak 2011 setelah pembentukan Lembaga ini, “Ini momen terbaik untuk bersilaturahmi menjelang Hari Raya Idul Fitri dan di masa Bulan Suci Ramadhan,” kata Holil.
Tambah Holil, dalam pertemuan ini pula kita berdiskusi kecil terkait agenda PM Gatra kedepan, karena lembaga ini dibentuk dengan maksud tujuan mengembalikan lagi kejayaan Limbangan sebagai Ibukota Kabupaten Garut dengan memisahkan diri dari Kabupaten Garut saat ini,
“Daerah Otonomi Baru (DOB) bukan Kudeta, pemekaran  diatur oleh Undang-undang dan itu diperbolehkan, itu tujuan dibentuknya Gatra untuk syarat pengajuan DOB Garut Utara yang membawahi 11 Kecamatan,” tambah Holil.
Hal senada disampaikan oleh Cecep Suhardiman Ketua Presidium Garut Utara, kita akan mencoba menyusun kembali harapan yang telah lama kita perjuangkan selama 7 tahun, yang tidak ada hasil keputusan dan pemberitahuan dari Eksekutif maupun Legislatif Kabupaten Garut, hal pertama yang akan dilakukan dirinya adalah meminta surat rekomendasi dari DPRD dan Bupati terkait pengajuan DOB,
“Selanjutnya kita akan mencoba melobi ke pusat melalui Kemendagri dan DPR RI Komisi II, saya rasa kita optimis keinginan Limbangan memisahkan diri dengan Kabupaten Garut akan terpenuhi,” ujar Cecep.
Cecep menambahkan, berkaca di daerah lain semisal Lombok yang telah terlebih dahulu melaksanakan pemekaran dengan potensi penduduk yang sangat kecil,tapi bisa terlaksana, “Itu bisa dijadikan acuan semangat kita mewujudkan Limbangan Ngadaun Ngora,” jelas Cecep.
Sementara itu Sekjen Gatra Imron memaparkan, ada sebelas Kecamatan yang siap mendukung diadakannya DOB Garut Utara dengan dukungan dari Penuh dari Sk BPD, kepala desa dan lembaga-lembaga keagamaan. “Kita akan berkordinasi kembali dengan membentuk presidium perkecamatan dengan diketuai Ketua Dewan Presidium Cecep Suhardiman,” ucap Imron.