Kadisnakertrans Kota Tasikmalaya Dorong Berdirinya BLK Di Kota Tasik

3.645 dibaca
Kepala Disnakertran Kota Tasikmalaya Nunung Kartini saat diwawancarai wartawan di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya (BUANA INDONESIA NETWORK/Dwi Friastoto)


BUANAINDONESIA.CO.ID, KOTA TASIKMALAYA – Kota Tasikmalaya sangat mendambakan berdirinya Balai Latihan Kerja (BLK). Adapun gedung BLK yang ada saat ini berlokasi di Jalan Letjen Ibrahim Adjie bukan milik Pemkot Tasikmalaya, melainkan milik Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya Nunung Kartini menuturkan, pihaknya sangat bermimpi dan bercita-cita ingin memiliki BLK. Berbagai upaya agar BLK segera terwujud sudah ditempuh dengan mengusulkan langsung kepada Menteri Tenaga Kerja RI dan DPR RI.

“BLK penting karena untuk mendidik masyarakat yang akan dibekali ilmu dan pelatihan yang dibutuhkan untuk bekerja atau membuka usaha sendiri,” ujarnya di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Senin, 16 April 2018.

Nunung berharap seluruh pihak yang berkepentingan dapat mewujudkan berdirinya BLK di Kota Tasikmalaya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Yoke Yulianti sangat mendukung berdirinya BLK. Pihaknya akan mendorong turunnya alokasi anggaran, mengingat begitu pentingnya BLK bagi warga Kota Tasikmalaya.

“Keuntungannya, jika ada BLK para pekerja akan mendapatkan sertifikat. Sehingga dengan sertifikat itu akan lebih diakui dan secara persaingan akan lebih diuntungkan dibanding pekerja yang tidak mempunyai sertifikat,” ungkapnya.

Sertifikat pekerja, terang Yoke, akan dikeluarkan oleh tim Asesor yang mempunyai kewenangan mengeluarkan sertifikat.

“Sertifikat itu diakui nasional, Makanya saya akan mendorong terus berdirinya BLK,” tandasnya.