Saeful Jamal : BNI Siap Menyokong Koperasi Mitra Tani

4.459 dibaca


BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT-Atas inisiatif Bupati Garut Rudi Gunawan, Bank BNI kantor cabang Garut siap menggelontorkan bantuan kredit kepada Koperasi Mukti Tani Mandiri yang berlokasi di Jalan Haurgeulis, Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi. Hal itu disampaikan oleh Saepul Jamal, Kepala BNI KCB Garut dalam acara Kunjungan SESMEN BUMN untuk Korporasi pertanian Garut di MDB (Mitra Desa Bersama) Banyuresmi, Selasa, 13 Februari 2018.

Saepul Jamal mengatakan, sesuai dengan arahan Bupati Rudy, BNI siap membantu atau menyokong Koperasi Mitra Tani dalam permodalan melalui kredit yang nantinya melalui Mitra Desa.

“Jadi mekanismenya kita diskusikan dengan mitra desa,” tutur dia.

Dalam sesi tanya jawab Bupati Rudy, mendengar curahan hati para petani jagung yang ada di Banyuresmi terkait ketiadaan modal di koperasi pengembangan Koperasi Mukti Tani Mandiri. Hal itu telah direspon langsung Bupati Rudy, dengan memfasilitasi dana pinjaman kredit kepada BNI untuk para petani senilai Rp 2 miliar dengan cara pembayaran pengembalian dana pinjaman dari hasil panen yang sudah dijual ke mitra Bumdes.

“Jadi nanti ketika akan panen, misalnya di sananya butuh modal awal kredit itu kita turunkan, setelah panen terus langsung dibayar,” ujar Bupati Rudy.

Untuk mempermudah operasional, Bupati Rudy menyarankan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Garut untuk memberikan bantuan barupa kendaraan roda empat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Ir. Beni Yoga Gunasantika, menjelaskan bahwa koperasi Tani Mukti Mandiri merupakan koperasi binaan Dinas Pertanian Kabupaten Garut. Dalam hal ini Dinas Pertanian berperan sebagai penyokong koperasi melalui bantuan bibit dan pupuk.

“Untuk tahun ini koperasi Tani Mukti Mandiri dapat menghasilkan panen hingga sekitar 2.200 ton. Hasil ini pada musim panen 2017,” ujar Beni.

Beni melanjutkan, kendala saat ini adalah sulitnya pemasaran, sedang biasanya para petani diharuskan menyediakan modal panen awal satu bulan sebelum panen. Maka Dinas Pertanian Kabupaten Garut bekerja sama dengan pihak BNI dan mitra Bumdes untuk mengokupasi produk petani.

“Kerjasama ini diharapkan bisa saling menguntungkan,” pungkas Beni.

Editor: NA