Sektor 8 Citarum Harum Memberikan Pembekalan & Pengenalan Kepada Mahasiswa UPI Yang Akan KKN Tematik

5.236 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, Kab Bandung – Komandan Sektor (Dansektor) 8 Kol. Czi. Aby Ismawan gelar Pembekalan dan Pengenalan wilayah Sektor 8 kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang akan merlaksanakan KKN Tematik pada tanggal 15/7 yang akan datang. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Mekar Rahayu jl. Cicukang No. 133 Rt. 01/24, Kecamatan Marga Asih, Kabupaten Bandung, Rabu  11 Juli 2018.

Kegiatan ini melibatkan para Babinsa dan Babinkamtibmas dari 8 Desa yang berada diwilayah sektor 8 yaitu, Desa Cilampeni, Sulaiman, Pamentasan, Nanjung, Jelekong, Lagadar, Gajah Mekar serta Mekar Rahayu, dan kedelapan Desa ini berada di 4 kecamatan, meliputi Kecamatan Katapang, Marga Asih, Margahayu dan Kota Waringin.

Camat Margaasih, Drs. Asep Ruswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa sekitar 179 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN Tematik. Dari 8 Desa yang nantinya akan dijadikan tempat untuk 18 kelompok mahasiswa yang tiap kelompok berisikan 9 sampai 10 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Dari jumlah kelompok tersebut akan dibagi menjadi 8 desa, sehingga akan ada 2 atau 3 kelompok ditiap desanya,”kata Asep Ruswandi kepada wartawan.

Asep pun menambahkan, sesuai dengan tema pada kegiatan ini yaitu “Pembekalan dan Pengenalan Mahasiswa”, kita memberikan pembekalan kepada adik-adik para mahasiswa dengan tujuan, untuk mendapatkan gambaran serta pemahaman dan permasalahan yang ada kaitannya dengan Program Citarum Harum. Nantinya diharapkan dalam kegiatan pelaksanaan KKN Tematiknya ini bisa berjalan dan bersinergi dengan satgas Citarum Harum. sehingga program-program yang dilaksanakan mahasiswa bisa terpadu dan bersinergi dengan program yang sedang dilaksanakan oleh Program Citarum Harum”, pungkas Asep.

Hal senada dikatakan H. Herry Heryadi selaku Kepala Desa Mekar Rahayu, ”Hal terpenting adalah seluruh wilayah yang nantinya akan dijadikan tempat pelaksanakan KKN Tematik mahasiswa UPI ini dapat bersinegi antara mahasiswa dan satgas Citarum Harum. Kegiatan Pembekalan dan Pengenalan ini bertujuan memberikan penjelasan, tentang apa saja yang nanti akan dilaksanakan peserta KKN dan Satgas, sehingga kegiatan KKN bisa memberikan dampak positif serta bermanfaat bagi masyarakat”, jelasnya.

Lutfi Salah satu koordinator mahasiswa KKN di Desa Jelegong yang masuk dalam kelompok 1 mengatakan, “Saat ini saya membawa 11 orang anggota yang nantinya akan mengikuti kegiatan KKN diwilayah sektor 8. Kami dari mahasiswa UPI akan membatu satgas dalam membersihkan sungai Citarum, akan tetapi kami para mahasiswa, dalam kegiatan ini lebih mengutamakan penyuluhan kepada masyarakat, mengenai pentingnya kebersihan dan pengolahan sampah. Selanjutnya kami, pada tanggal 15 nanti, akan membantu Satgas Citarum Harum ikut membersihkan bantaran Sungai Citarum, yang akan digunakan acara pelepasan Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN“, jelasnya.

Setelah menerangkan kondisi dan permasalahan yang ada di sungai Citarum serta memberikan arahan-arahan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan kegiaatan KKN, Dansektor 8 Kol.Czi. Aby Ismawan menjelaskan,

“Tujuan kegiatan pembekalan dan pengenalan wilayah Sektor 8 ini dilaksanakan, selain untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana hal-hal yang nantinya akan dilakukan dilapangan, diharapkan para mahasiswa dapat berkomitmen dengan apa yang akan dijadikan program kerjanya. Dimulai dari diri masing-masing, karena kita sebagai kaum Intelektual harus dapat membawa diri, serta menjadi suri tauladan bagi masyarakat, serta dapat berbaur dan sekaligus bisa memberikan sosialisasi tentang Program Citarum Harum terkait dengan sampah permukaan “.

Dalam kegiatan Pembekalan dan Pengenalan ini hadir, Camat Marga Asih beserta jajaran, Kasi Trantib Kota Waringin, perwakilan dari masing-masing Desa, Jajaran Polsek Marga Asih dan Polsek Katapang, para Babinsa dan Babinkamtibmas wilayah sektor 8, Ecovillage dari Desa Mekar Rahayu, dan tokoh Agama serta tokoh masyarakat Mekar Rahayu.