Jangan Coba-Coba Sembelih Sapi Betina Kalau Tidak Mau Dihukum

67

BUANAIDONESIA.CO.ID – Tahukah anda bahwa ada undang – undang di Indonesia melarang pemotongan sapi betina ?

Kami mengutip pernyataan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Dadang Sudarya soal ini.

Dadang mengatakan, pemotongan hewan ternak memamah biak seperti sapi dan kerbau betina produktif merupakan tindak pidana, dan diatur melalui undang-undang.

Masih kata dia pada Jumat, 10 November 2017, larangan memotong sapi betina dimaksudkan untuk meningkatkan populasi di wilayah Kalimantan Timur. Apalagi saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian sedang mengintensifkan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) melalui inseminasi buatan (IB) maupun Intensifikasi Kawin Alam (Inka).

Larangan memotong ternak betina produktif sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Pasal 18 ayat (4) undang-undang itu berbunyi Setiap orang dilarang menyembelih ternak ruminansia kecil betina produktif atau ternak ruminansia besar betina produktif.

Ternak ruminansia merupakan hewan ternak memamah biak dengan empat lambung seperti sapi, domba, kambing dan kerbau.

a. Ternak ruminansia kecil betina produktif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (4)

Dipidana dengan pidana kurungan paling singkat 1 (satu) bulan dan paling lama 6 (enam) bulan dan denda paling sedikit Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) dan paling banyak Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah); atau

b. Ternak ruminansia besar betina produktif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling sedikit Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah).

Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting merupakan salah satu upaya pemerintah agar bisa swasembada daging sapi pada 2026.

Dinas Peternakan disanapun terus melakukan pengawasan di lapangan agar tidak ada rumah pemotongan hewan yang memotong sapi maupun kerbau betina produktif.