Konsulat AS Boyong Tim Departemen Perdagangan. Dukung Proyek di Sumsel

75
Konsulat Amerika Serikat untuk wilayah Sumatera Mr. Juha P. Salin berkunjungan ke Palembang Provinsi Sumsel. Senin 2 Oktober 2017.

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMSEL- Konsulat Amerika Serikat untuk wilayah Sumatera Mr. Juha P. Salin berkunjungan ke Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Senin 2 Oktober 2017. Kedatangannya kali ini membawa serta  tim konsultan Departemen Perdagangan dan Pengembangan Amerika Serikat United States Trade and Development Agency (USTDA) dalam rangka mendukung proyek pembangunan Sumsel.

Rombongan diterima langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin lengkap bersama Orgaranisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Sumsel, Direktur PT. Jakabaring Sport City, Direktur PT. Sriwijaya Mandiri Sumsel, serta para OPD Pemkot Palembang.

Kunjungan tersebut merupakan pertemuan tahap awal bertujuan untuk memperoleh data dan informasi secara langsung tentang proyek apa saja yang ada di Sumsel agar nantinya dapat dibantu pemerintah Amerika Serikat. Bantuan tersebut dapat berupa  feasibility study maupun teknikal asessment.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyambut baik dengan menawarkan proyek pengembangan Smart City Palembang, pengembangan Jakabaring Sport City serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK-TAA) dan pelabuhan laut dalam Tanjung Carat.

“Ini baru pertemuan awal, kedepan akan ada pertemuan lagi untuk menentukan apa saja yang bisa dibantukan di Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Konsulat Amerika Serikat, Mr. Juha P. Salin mengatakan, Pemerintah Amerika Serikat sangat tertarik mendukung Proyek Pembangunan Sumsel karena menganggap Palembang Provinsi Sumsel merupakan daerah yang memiliki kemajuan luar biasa serta memiliki sosok pemimpin Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang sangat welcome dan memiliki visi misi jauh kedepan membawa Sumsel semakin maju.

“Kita sengaja membawa tim USTDA untuk mendapatkan data dan informasi secara langsung tentang proyek apa saja yang bisa dibantu Amerika Serikat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumsel, Syamsul Bahri mengatakan, rencana pengembangan Smart City Palembang dan pengembangan Komplek Olahraga Jakabaring jelang Asian Games 2018 mendatang mendapat dukungan dari berbagai pihak diantaranya Pemerintah Amerika Serikat yang sangat tertarik mendukung program tersebut termasuk mendukung pengembangan Kawasan KEK-TAA).

“Seperti bagaimana konsep manajemen pengelolaan Jakabaring Sport City, konsep Smart City Palembang dan KEK TAA kita bahas bersama di pertemuan ini sebagai satu tim,” pungkasnya.