Longsor Timpa Perkebunan Warga, PERHUTANI Low Respon

59
Hutan Gunung Lemongan yang longsor

BUANAINDONESIA.CO.ID, LUMAJANG -Bencana longsor di Gunung Lemongan, rusak lahan pertanian kopi hingga puluhan hektar di Desa Kalipenggung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Jawa Timur Jumat, 8 Desember 2017.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor tersebut, tetapi lahan perkebunan kopi warga terkena imbas atas longsor yang disinyalir berada dibawah hutan lindung di titik pusat terjadinya longsor. Penyebab utama dari terjadinya longsor ini karena adanya pembukaan kawasan hutan lindung untuk dijadikan kebun sengon.

“ Banyak warga rugi, tanaman kopinya tertimbun longsor, karena terdampak longsor diatasnya masuk kawasan hutan lindung,” kata Kamal Pasya salah satu relawan longsor.

Laporan warga terkait bencana longsor ini, sudah dilaporkan kepada pihak PERHUTANI bahkan kepolisian, namun belum ada tidak lanjut dari pihak bersangkutan yang mendatangi daerah tersebut bahkan terkesan dibiarkan.

“Hal ini tidak bisa dibiarkan terus menerus seperti ini, karena bisa menyebabkan bencana yang lebih besar, dan masyarakat jugalah yang akan menjadi korbannya,” ujar Kamal

Penulis :  Yiyin Wahyudi
Editor: FP