Ratusan Prajurit TNI Lumajang Diberangkatkan Ke Afrika Tengah, Jalankan Misi Kemanusiaan

59
Kolonel Inf Bangun Nawoko selaku Komandan Resort Militer (DANREM) 083/BDJ sedang diwawancarai oleh media

BUANAINDONESIA.CO.ID, LUMAJANG – Ratusan personil Tentara Negara Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dari Batalyon Inf 527 Lumajang, Jawa Timur, terpilih sebagai pasukan pendukung Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) untuk menjadi pasukan pemelihara perdamaian di Afrika Tengah Sabtu, 10 Desember 2017.

Personil yang mengikuti seleksi, sebelumnya telah melewati tes dan pelatihan dalam kurun waktu enam bulan terakhir baik secara fisik, mental, psikologi dan sebagainya. Personil TNI Lumajang ini nantinya akan bergabung dengan personil TNI di daerah lainnya, sehingga jumlah keseluruhan berkisar 800 anggota personil TNI dari yang awalnya berjumlah 468 personil.

“ Ini adalah kepercayaan bangsa dan negara, dengan berbuat baik, berani, tulus dan ikhlas, mereka terpilih untuk menjalankan misi kemanusiaan,” ucap Kolonel Inf Bangun Nawoko selaku Komandan Resort Militer (DANREM) 083/BDJ.

Misi kemanusiaan saat ini dinilai berat, dikarenakan hal ini merupakan yang pertama kali bagi prajurit TNI di Batalyon 527 untuk terjun dalam daerah konflik atau multidimensi, juga banyak sekali skala penyesuaian yang harus ditempuh ditempat penugasan.

“ Yang kita monitor dari beberapa informasi juga dari Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Sentul Bogor, di Afrika Tengah terjadi banyak konflik atau krisis multidimensi, sehingga kita adalah tugasnya untuk menjaga perdamaian, agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan,” kata Nawoko

Bangun Nawoko berharap, prajurit TNI yang ada di Afrika, agar tanggap dan cepat menyesuaiakan, baik itu situasi sosial, budaya masyarakat, dan cepat tanggap mengenali permasalahan yang ada. Sesuai dengan pembekalan yang sudah diberikan sebelumnya dan sesuai dengan daerah penugasan di Afrika Tengah.

Penulis: Wahyu
Editor: FP