Saiful Jamil

1.018 dibaca
Saiful Jamil
Saiful Jamil (poto kapan lagi.com)

Saiful Jamil (lahir di Serang, Banten, 31 Juli 1980; umur 33 tahun), akrab dipanggil Ipul adalah penyanyi dangdut. Sebelum bernyanyi solo, Saiful adalah anggota grup musik dangdut G4ul, Ipul kini juga menjadi pemandu acara dan juri Kontes Musik Dangdut.

Album Saiful yang terbilang paling sukses adalah duetnya bersama Ira Swara bertajuk Duet Sang Bintang. Album itu meraih penghargaan dari SCTV Music Awards 2006 Kategori Album dangdut Ngetop. Bahkan berkat lagu “Jujur”, keduanya mendapat nominasi Penghargaan MTV Indonesia 2006 untuk kategori Best Dangdut. Pasangan ini dikalahkan oleh pendatang baru, Trio Macan.

Dengan berduet lagi, Saiful Jamil yang berpasangan dengan Ussy Sulistiawaty menyabet gelar jawara ‘Selebriti Jam’, sebuah acara reality show yang menyandingkan artis non penyanyi dengan artis penyanyi. Mereka menyisihkan dua pasangan lain yang lebih difavoritkan yaitu designer Ivan Gunawan – Ian Kasela, vokalis Radja, dan aktor Surya Saputra yang berpasangan dengan penyanyi senior Titiek Puspa.

Menyusul banyaknya artis yang terjun ke politik, bulan April 2008, Ipul mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Walikota Serang mendampingi Ruhyadi Kirtam Sanjaya. Pasangan calon wali kota Serang, Kirtam Sanjaya dan Saiful Jamil memperoleh nomer urut 7 pada pemilihan kepala daerah Kota Serang.

Saiful menikah dengan sesama penyanyi dangdut, Dewi Perssik. Setelah mengalami masa pacaran yang singkat, dari bulan Februari 2005, mereka menikah tanggal 26 Mei 2005[7] di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sumber Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pernikahan mereka mendapat ujian, saat tiba-tiba Saiful melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Utara bulan Agustus 2006.[8] Keduanya akhirnya memilih rujuk setelah menjalani tiga kali persidangan.

Rumah tangga Saiful dan Dewi kembali terguncang. Di bulan puasa (bulan Oktober) tahun 2007 terbetik kabar bahwa Dewi dan Saiful telah tiga bulan pisah rumah. Beberapa hari kemudian ada kabar duka, Ibu Saiful Jamil meninggal dunia pada tanggal 5 Oktober 2007. Saat itu, Saiful masih pisah rumah dengan Dewi. Bahkan 6 jam sebelum sang bunda menghembuskan napas terakhir, Saiful telah mengucapkan talak pada Dewi. Ipul resmi menyandang status duda, setelah Pengadilan Agama Jakarta Utara pada tanggal 14 Januari 2008 menjatuhkan ikrar talak kepada Dewi Persik.

Tanggal 10 Maret 2011 Saiful menikah istri keduanya, Virginia Anggraeni, seorang peragawati keturunan Jawa-Belanda. Mereka melaksanakan akad nikah di Masjid Istiqomah, Bandung dan dua hari berselang mengadakan resepsi di Jakarta.

Tanggal 3 September 2011 Saiful, istrinya, dan 8 orang kerabatnya mengalami kecelakaan tunggal di jalan tol Cipularang Km 97 sekitar pukul 10.00 WIB saat bertolak dari Cimahi menuju Jakarta. Mobil Toyota Avanza yang dikemudikan oleh Saiful sendiri hilang keseimbangan kemudian menabrak pembatas jalan. Diduga akibat Saiful mengemudi dalam keadaan mengantuk. Saiful mengalami luka ringan sedangkan Virginia meninggal dunia akibat terlempar dari mobil yang mereka tumpangi. Pada hari yang sama, jenazah Virginia yang diketahui tengah hamil dua bulan langsung dimakamkan di TPU Baros, Cimahi, Jawa Barat. (sumber wikipwdia.org)