‘ Setnov Effect ‘, Petisi Online Berhentikan Setya Novanto Diserbu Netizen

796 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum partai Golkar, Setya Novanto yang kini menyandang status tersangka mega korupsi e- KTP dinilai banyak pihak akan semakin membawa Golkar kedalam stigma negatif dimata publik. Desakan untuk disegerakannya pencopotan setnov dari kursi ketua DPR RI dan Ketua Umum Partai Golkar pun semakin meluas.

Kami mengamati pergerakan suara desakan itu di dunia maya. Di sebuah situs petisi online, Change.org misalnya, sebuah petisi terkait pencopotan Setnov dari kursi ketua DPR RI dan Ketua DPR RI mendapat dukungan dari puluhan ribu pengguna internet.

Tak tanggung, belum sepekan petisi online itu dipublish kini jumlah penandatangannya mencapai hampir 15.000 an penandatangan. Pada sabtu, 25 November 2017 petang, jumlah penandatangan petisi bertajuk ‘ Berhentikan Setya Novanto ‘ ini terus bergerak naik.

Sekretaris Lembaga Kajian Aliansi Masyarakat Untuk Hak Asasi Manusia, Demokrasi dan Keadilan, Cepi Alhumaedi mengatakan, petisi online ini merupakan representasi suara publik terhadap posisi Golkar sekarang

” Ini menarik, yang membuatnya kan kader partai Golkar ya dapat dukungan puluhan ribu kan luar biasa. Ini perlu dicermati elit Golkar, jangan dianggap sepele, ” kata Cepi

Lanjut Cepi, pihaknya meyakini tak perlu memakan waktu lama elektabilitas Golkar akan tergerus

” Kami melihat itu. Kecenderungan untuk segerakan Munaslub terus digalang. Coba perhatikan, hampir pasti kadernya akan galang kekuatan besar mendesak itu, ” ucap Cepi.

Sementara itu diwawancarai terpisah, Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Yomanius Untung mengatakan, secara politis dan segi teknis, ada kebutuhan untuk melaksanakan Munaslub.

Klik gambar ini untuk menuju petisi online Berhentikan Setya Novanto

” Secara politis dan segi teknis kelihatannya ada kebutuhan untuk melaksanakan Munaslub, dan mudah-mudahan itu sudah menjadi kajian dari Provinsi, dari DPD Golkar Provinsi, kemudian tentu masukan aspirasi dari kader partai akar rumput,” ujarnya saat diwawancara, Sabtu, 25 November 2017.

Untung menambahkan, ada kebutuhan khusus Munaslub dalam rangka menyelamatkan eksistensi Partai Golkar.

” yang saya lihat ya, ini subjektif. Kelihatannya ada kebutuhan khusus Munaslub dalam rangkamenjaga eksistensi Partai Golkar. Saya tidak bisa memberikan tanggapan bulat tidak bulat, tetapi ada kebutuhan kesitu dan ada suara dari bawah untuk melaksanakan Munaslub, lagi-lagi persyaratannya harus terpenuhi,” jelasnya.