Bupati Banyuasin: Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pengembangan Kesehatan

61

BUANAINDONESIA.CO.ID,  BANYUASIN – Dengan Tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku” peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 Dan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) tahun 2017, diadakan di Gedung Graha Sedulang Setudung, Kabupaten Garut. Rabu, 29 November 2017.

” Tema ke-53 ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pengembangan kesehatan,” kata Bupati Banyuasin, Supriono, saat membuka acara peringatan HKN dan HTTS.

Lanjut Supriono, Peringatan HTTS ke-53  ini menjadi momentum mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu,”  lanjutnya.

Tambah Supriono, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin tumbuh kembang anak.

” Pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang, untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga,” tambahnya.

Agar dapat melakukan perilaku hidup sehat dalam keseharian dan mencegah ancaman penyakit, ditandai dengan Penanda Tanganan Komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Iintas sektor terkait, serta Deklarasi Desa dalam Kabupaten Banyuasin, Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) sebanyak 44 Desa.

EDITOR: WN

Bagaimana Menurut Anda?