DOB Muratara Dinilai Berhasil

58

BANAINDONESIA.CO.ID, MATARAM – Daerah otonomi baru (DOB)  Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dinilai berhasil berdasarkan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan DOB pembentukan tahun 2012-2014. Hal ini disampaikan Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo melalui Ditjen Otda, Dr. Sumarsono di ballroom hotel golden Palace Hotel,  Mataram, NTB, Kamis (5/10). “Progress 18 DOB termasuk Muratara bagus, dilihat dari trend perkembangan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan bahwa semester 1 tahun 2017 terdapat peningkatan  sebesak 4,74 persen dibandingkan tahun 2016 sehingga kini menjadi 12,7 persen”, ungkap Sumarsono, kemarin.

Lanjut Sumarsono, progress tersebut dinilai dengan dilaksanakannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, perda RTRW,  RPJMD Dan terlaksana dengan baik pemilukada di DOB tersebut.
Ditambahkan Sumarsono, dengan telah dilaksanakan beberapa aturan yang ada diharapkan seluruh kegiatan di DOB itu sendiri sesuai dengan aturan yang berlaku.

Nah untuk itu,  Sumarsono meminta kepada Kepala Daerah DOB untuk menyelesaikan beberapa Pekerjaan Rumah DOB.

Dia meminta kepada Kepala Daerah untuk tidak ketergantungan dengan dana hibah induk,  Pemerintah setempat harus memacu Percepatan pertumbuhan ekonomi  menuju DOB yang maju dan mandiri.”Sejahterakan masyarakat dengan akselerasi yang ada”, pintanya.

Selain itu Sumarsono meminta kepada DOB untuk menjalankan pemerintahan dengan mewujudkan pemerintahan yang bersih,  bertanggung jawab,  dan pemerintahan yang terbuka.

Dikatakannya pembentukan  DOB tidak dibentuk  atas dasar kepentingan sesaat,  jangka pendek maupun menengah. “Oleh Sebab itu DOB harus berhasil dari berbagai aspek, apa yang Kepala Daerah DOB lakukan merupakan jawaban keberhasilan DOB”, katanya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas Utara, H. Syarif Hidayat mengatakan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Musi Rawas Utara terus berbenah dalam rangka mensejahterahkan masyarakat.

Dikatakannya,  berbagai kegiatan telah dilaksanakan berbagai sektor dalam memancing pertumbuhan ekonomi  warga.

Dia berharap DOB Kabupaten Muratara dapat menjadi proyek percontohan kedepannya bagi calon-calon DOB yang akan dibentuk. “Evaluasi ini akan kita pelajari letak kekurangannya dan kita benahi, “kata H. Syarif Hidayat. (Rilis Humas)

Bagaimana Menurut Anda?