Kades Kepayang Klarifikasi Pemberian Honor 1 Orang 2 Nama

32

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUBA- Terkait laporan masyarakat desa Kepayang kecamatan Bayung Lencir kabupaten Musi Banyuasin, terhadap kepala desa Kepayang, Sulmin, yang membayarkan Honor Tunjangan atas nama zulkarnain dan Kurnain Hadi (dua nama satu orang-red) kepada dinas DPMD dan DPRD Muba, (13/11/17) lalu.

DPRD Muba melalui Komisi I, (20/11/17) mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang langsung di pimpin ketua Komisi I, Yulisman SH, didampingi Ismawati SE, Junsak Hasanudin, Umiyati, Sri Wahyuti selaku angota Komisi I dan H Ismail selaku angota komisi III dihadiri Kadisdukcapil Muba, Ispektorat, Sekcam Bayung Lencir, perwakilan dinas PMD, Bagian Hukum, Kasi PPDH, kepala desa Kepayang dan perangkat.

Dari hasil rapat dengar pendapat ini, Ketua komisi I DPRD Muba melalui H Ismail selaku anggota DPRD Lintas Fraksi PDIP mengatakan, rapat menyimpulkan dan memutuskan untuk memberhentikan kasus laporan ini, karena tidak ditemukan tindak pidana serta meminta sesegera mungkin asset desa Kepayang diserahkan kepada kepala desa terpilih.

“Dari sisi hukum hal ini tidak ada kerugian Negara, Ispektorat juga Apipnya belum turun, maka ispektorat Muba memberikan rekomendasi untuk hal ini dikembalikan kepada kepala desa, camat,
DPMPD, capil dan Inspektorat.

Ismail, menambahkan, jika ada kendala dilapangan maka kepala desa harus melibatkan pihak berwenang, “kami tidak merekomendasikan permasalahan ini naik lagi ke APH,” imbuhnya.

Sementara, Kepala desa Kepayang, Sulmin saat dimintai komentarnya terkait permasalahan tersebut mengatakan bahwa apa yang telah dilaporkan atas nama masyarakat desa Kepayang terkait pembayaran honor tunjangan dua nama satu orang itu tidak benar.

“Sudah dibuktikan dalam rapat dengar pendapat pada komisi I yang dihadiri beberapa instansi, laporan itu tidak benar,” tegasnya.

Lebih lanjut menurutnya, satu orang yang bernama Zulkarnain dan Kurnain, pernah menjadi Kadus I desa Kepayang pada saat kepala desa Ibnu Hajar dan bernama Zulkarnain. Lalu pada saat kepemimpinan kepala desa Sulmin, 12 oktober 2016, Zulkarnain menjabat sebagai Kaur Umum desa Kepayang dengan nama Kurnain Hadi yang disesuaikan dengan KTP, Izajah dan Akte Kelahiran.

“Kita koreksi berkas sesuai persyaratan mulai KTP, Ijazah dan akte kelahiran, ” jelasnya.

Sulmin menghimbau, bagi masyarakat desa Kepayang, agar jangan mudah terpropokasi hal-hal pengaduan yang belum tentu kebenarannya serta
mengatas namakan masyarakat, “saya masih baru menjabat kepala desa, diharapkan agar masyarakat dapat memberikan sumbang
saran yang baik untuk kemajuan desa,” pintanya.

Bagaimana Menurut Anda?