KPU Lahat Gelar Rapat Pleno Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati

1.018 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, LAHAT – Tahapan Pilkada serentak 2018 sudah memasuki tahap penetapan pasangan calon (Paslon). KPU sudah mengumumkan paslon bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota. Begitu juga di Kabupaten Lahat.

Dari hasil rapat pleno penetapan paslon yang diselenggarakan pada Hari Senin, 12 Februari 2018, KPU mengumumkan lima paslon bupati dan wakil pupati Kabupaten Lahat 2018 yang sudah memenuhi syarat.

Ke lima paslon itu ialah Nopran Marjani – Herliansyah, Bursa Zarnubi – Parhan Berza, Cik Ujang – Hariyanto, Purnawarman Kias – Rozi Adiansyah, dan Hapit Padli – Erlansyah Rumsyah.

Sebelum pengumuman penetapaan tersebut, salah satu calon Bupati Lahat, Nopran Marjani, di ruang rapat pleno meminta KPU Lahat agar transparan, jujur dan netral.

“‚ÄéKami terima laporan bahwa dalam verifikasi faktual melalui PPK dan PPS banyak mengalami kejanggalan. Masyarakat melaporkan kecurangan salah satu paslon perseorangan ke Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Lahat, namun tidak ditanggapi atau diproses. Dan ternyata setelah data itu kami cek, ternyata data lama dimana pemilik KTP ada yang sudah meninggal atau pindah domisili,” ujar Nopran tanpa menyebutkan nama paslon yang dimakaud tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Lahat mengatakan, proses atas pengaduan dapat disampaikan melalui jalur yang sudah ditetapkan secara hukum.

“Jadi dalam kesempatan ini agar disampaikan melalui jalur hukum.
Kami sudah menerima laporan dari Panwaslu Lahat, namun kami melihat bahwa paslon yang dimaksud masih diambang batas,” ujarnya.

Ketua KPU menambahkan, bila nanti dikemudian hari keputusan KPU salah, maka keputusan ini dapat dibatalkan.

Editor: NA

Bagaimana Menurut Anda?