Medco Suport Program Bumdes Desa Petaling

84

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUBA- Pemerintahan desa Petaling terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa.

Hal itu disampaikan Edi Safari kepala desa Petaling saat penutupan pelatihan pembuatan pakan di desa Petaling tahun 2017, (2/11/17), yang diselenggarakan di kantor desa Petaling kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin memanfaatkan pabrik pakan ikan yang ada didesa tersebut melalui BUMDes-nya, bekerja sama dengan BBAT Provinsi Jambi.

“Dengan adanya kerja sama dengan Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Jambi melalui binaan PT Medco E&P indonesia, Insya Allah pabrik pakan ikan dan pembibitan ikan di desa Petaling bisa dijadikan sentra produksi dan pembibitan sekligus menjadi Pilot projek di kabupaten Muba,” ungkap Edi Safari.

Hal itu tentunya jelas Edi, bisa meningkatkan pendapatan perkapita daerah, menyerap tenaga kerja. mengurangi penganguran, mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan tarap hidup masarakat desa Petaling khususnya dan masarakat Muba umumnya.

Terpisah, Manager of Community Awereness Relation Enhancement  PT Medco E&P Kaji, Bondan Brillianto saat dikonfirmasi media ini mengatakan sangat mensuport program yang dicanangkan desa Petaling kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan menggiatkan kembali pabrik pakan ikan yang sudah beberapa tahun vaccum.

“Harapan kita, program pemerintah desa Petaling bekerjasama dengan PT Medco, dan disuport pihak BBAT Jambi, masyarakat Petaling akan terbantu dalam pengelolaan budidaya ikan air tawar termasuk terjangkaunya pembelian pakan ikan bagi petani Pija,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Bondan mengharapkan dengan beroperasinya pabrik pelet didesa Petaling yang menurutnya terbesar di Sumsel dapat meningkatkan nilai produksi sekaligus membuka lapangan kerja, “yang tadinya panen dalam setahun hanya sekali, diharapkan kedepan pija dapat panen dalam waktu 3 hingga 4 bulan,” imbuhnya.

Bagaimana Menurut Anda?