Pedagang Tahunan ini Raup Untung Jutaan

3.423 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID,BANYUASIN – Berkah Bulan ramadhan bukan hanya didapat oleh orang-orang yang melaksanakan ibadah saja, namun dirasakan oleh pedagang tahunan di pasar-pasar dadakan. Yang berjualan disaat bulan ramadhan. Tidak terkecuali pedagang Pinggir Jalan Lintas Palembang-Jambi, Kelurahan Kedondong raye, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten banyuasin, Sumatera selatan.

Agus warga bom berlian, salah seorang pedagang tahunan. yang sudah berjualan kelapa muda sekitar tiga tahun terakhir. mengaku cukup senang atas hasil jualan dogan miliknya. Sebab dari berjualan tersebut bisa membantu penghasilan keluarganya.

Dirinya berterima kasih kepada pemerintah Banyuasin yang sudah menyediakan tempat baginya untuk menjual kelapa muda bagi orang-orang yang berpuasa.

“Alhamdulilah, kalau sehari saya bisa habis 60-70 buah kelapa, apa lagi kalau cuaca panas, bisa lebih dari itu” ucap, Agus wahyudi. Saat dibincangi, Minggu, 27/05/18.

Dirinya menambahkan, dirinya berjualan di pasar bedug yang disediakan oleh Pemerintah Banyuasin tersebut sudah tiga tahun belakangan.

“Sudah lama saya jualan, sudah tiga tahunanlah, alhamdulilah hasilnya memuaskan, cukuplah untuk membantu keluarga, ya saya pribadi mengucapkan terima kasih pada pemkab banyuasin yang sudah memberikan wadah bagi kami untuk berjualan, baik mimuman maupun takjil dan lauk,” ujarnya.

Senada, Mang Al, Pedagang yang sama mengatakan Sehari bisa masuk 500 ribu untuk 100 dogan, berjualan dogan tersebut sudah tiga tahun kita lakukan, “150 buah dogan tersebut tidak bisa dikatakan semuanya bagus, jadi ada yang busuk, ada yang tidak ada air, jadi kalau di total bersihnya 100 buah hasilnya dogan yang bagus dan bagi”. ucapnya.

Dirinya mengaku hasil dari jualan dogannya tidak bisa dipukul rata, sebab ada perhitungan agar tidak rugi jauh. “Ya namanya jualan buahkan, kita tidak bisa pukul ratalah, paling tidak diantara 100 buah itu ada margin erornya, kalau kata lagu itu ” Ketimun bungkuk” sama halnya dengan kelapa, ada yang bagus, ada yang tidak, untuk dogam kita ambil di wilayah Banyuasin sinilah, yang kita tahu merupakan sentra kelapa, tepatnya di Kecamatan Tanjung lago, kadang mereka yang antar sendiri”singkatnya.

Sementara, Lesi (20) yang biasa membeli Buah dogan untuk keperluan berbuka mengaku, air dogan merupakan hidangan penting diatas meja makannya.”Air dogan minuman penting bagi kami saat berbuka, sebab airnya menyegarkan dan bisa mengganti ion tubuh” ucapnya.

Dirinya mengaku senang membeli air dogan di pasar bedug tersebut karen harganya terjangkau dan kualitas buahnya cukup bagus.”Ya saya langganan beli dogan disini, harganya murah, dan dogannya bagus-bagus,” singkatnya.

Bagaimana Menurut Anda?