Pelayan Kesehatan Diminta Ramah Pada Pasien

140
Pelayan Kesehatan Diminta Ramah Pada Pasien
S A Supriono PLT Bupati Banyuasin menghadiri acara Halal bihalal dan penggalangan Komitmen Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Pangkalan Balai, Jalan Bom Berlian Kelurahan Pangkalan balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Rabu (5/7).

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANYUASIN – Ratusan PNS di Dinas kesehatan Banyuasin hadiri Halal bihalal dan penggalangan Komitmen Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Pangkalan Balai, Jalan Bom Berlian Kelurahan Pangkalan balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Rabu (5/7).

Kegiatan yang dihadiri langsung Plt Bupati Banyuasin Ir SA Supriono, sekertaris Daerah Kabupaten Banyuasin Ir Dr Firmansyah, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dr Mgs Hakim, Camat Banyuasin III, Ir. Alpian sholeh, MM. bersama ratusan Pegawai Negri Sipil Dinas kesehatan Kabupaten Banyuasin, terlihat melihat langsung penandatanganan komitmen Akreditasi Puskesmas dan pemberian poster ke PNS Dinas Kesehatan Banyuasin, yang diarahkan langsung oleh Plt Bupati Banyuasin.

Dalam kesempatan tersebut, Ir SA Supriono Plt Bupati Banyuasin mengatakan saat ini ada 18 kementrian memiliki standar pelayanan minimal diantaramya kementrian kesehatan, Oleh karna itu, kesehatan berkaitan dengan layanan bukan dalam bentuk prodak, sapa seyum dan pelayanan harus di kedepankan.

“Kita ini mengabdi kepada masyarakat, apa yang kita terima apa yang kita kerjakan untuk pelayanan masyarakat, yang kesemuanya itu berasal dari masyarakat, negara ini bukan Jendral Korporet tetapi tempat pelayanan publik.” Ucapnya.

Masih katanya, dirinya berharap  semua puskesmas yang ada di banyuasin ini dapat semuanya terakreditasi.

” Dari 30 puskesmas, tahun ini 8 puskesmas yang terakreditasi, Jadi Akareditasi Puskeamas ada parameternya dan semuanya harus tau.” Sambungnya .

Plt Bupati Banyuasin menekankam kepada pelayan kesehatan untuk dapat berlaku baik dan sopan terhadap pasien dan keluarga pasien yang berobat.

“Jalankan tiga S, Senyum, Salam, dan Sapa kepada keluarga pasien maupun pasien, agar yang berobat merasa nyaman dan merasa puas saat berobat di pusat kesehatan” pintanya.

Disambungnya, Pelayanan secara propesional juga harus dilakukan, karna pemerintah pusat berkeinginan Puskesmas dapat setara dengan rumah sakit dan memiliki juga ruang rawat inap.

“Sejauh ini, pihak pemerintah daerah Kabupaten banyuasin dan dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin juga telah terintegrasi dengan pihak BPJS.” kalau banyak merawat orang banyak, klimnya besar kalau sedikit merawat sedikit juga klimnya .” jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dr Mgs Hakim, menyampaikan, kegiatan ini dihadiri oleh 300 PNS di lingkungan dinas Kesehatan Banyuasin. Dalam rangka halal bihalal sekaligus melakukan komitmen pelayanan publik.

” Karna akreditasi ini kewajiban Puskesmas untuk memenuhi Standarnya agar puskesmas di akui.” ucapnya.

Dikatakannya, Kalau Puskesmas tidak berakreditasi, pemerintah pusat tidak akan memberikan dana, kita baru mulai delapan puskesmas yang akan  terakreditasi,

“Betung, Pangkalan balai, Mariana, Sungai dua. Sembawa, Sukajadi, dan kenten laut, Makarti merupakan delapan Puskesmas yang akan terakreditasi, Layanan publik, merupakan kepuasan pasien, teman-teman dituntut untuk apel, dan senyum, penilaian ini setelah dilakukan pembinaan, Apakah diberikan predikat, pratama apa madya, kalau pratama satu tahun, madya tiga tahun,” ujarnya.

Ditambahkan, Mgs. Hakim penilaian untuk mendapatkan Puskesmas Akreditasi tersebut berupa, SDM,  Gedung, apotek, administrasi, dan proses pelayanan

“Kami optimis dengan Puskesmas yang ada diantaranya, Puskemas Banyuasin III, Betung dan Sukajadi, dan kami juga berpesan kepada warga bila tidak mendapat pelayanan yang baik,  silahkan masukan saran di kotak saran yang tersedia” tukasnya.

Bagaimana Menurut Anda?