Pemkab Muba Gelar Pasar Murah di Desa Pinang Banjar Sungai Lilin

2.017 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.lD – MUBA – Ratusan Masyarakat di Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai lilin Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) berduyun-duyun mendatangi gelaran pasar murah sembilan bahan pokok (sembako) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kamis (19/04/2018).

Pantauan dilapangan, terlihat warga sangat antusias dari pagi mengantri untuk membeli paket sembako yang di sediakan diantaranya beras, gandum, telur, mie instan, susu, minyak goreng, margarin, sirup dan gula pasir. Untuk persiapan menghadapi bulan suci Ramadhan mendatang.

Plt .Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan, naik turunnya harga sembako di pasaran menjelang bulan suci Ramadhan, membuat Pemkab Muba memberi perhartian dengan mengelar pasar murah sembako yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat golongan ekonomi kurang mampu untuk membeli bahan pokok makanan dengan murah. “ada sembilan bahan pokok yang dijual Pemkab Muba dengan harga murah, tetapi harus bayar dan ini adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk membantu rakyatnya menjelang bulan suci Ramadhan”, ujarnya disambut tepuk tangan meriah Oleh warga setempat.

Mekanisme pelaksanaan Pasar Murah Sembako ini diberikan dengan cara membagikan kupon ke kepada masyarakat yang kurang mampu, dan selanjutnya masyarakat menukarkan kupon kepada panitia, sehingga masyarakat dapat membeli bahan sembako dengan harga yang lebih murah dari harga pasar”. tandasnya.

Adapun komoditi pasar murah sembako dijual dengan harga lebih murah dari harga pasar dengan kisaran harga antara lain Seperti , beras Harga Pasar Rp 63.000,- subsidi Rp 25.000,-dijual dengan Harga 38.000 ,- persak, Gula pasir harga pasar Rp 14.000,- subsidi Rp 6.000,- dijual Rp 8.000 ,-perkilogram. Gandum harga Pasar Rp 10.000,– Subsid┬áRp 5000,- dijual Rp 5.000,- Minyak harga pasar Rp 13.500,- subsidi Rp 5.500,- dijual Rp8.000 perkilogram. SKM – harga pasar Rp14.000,- subsidi Rp 5.000,- dijual Rp 9.000 . Mie instan harga pasar 2.700,- subsidi Rp 1.500,- dijual Rp 1.200,- Telur ayam harga pasar – Rp 23.500 ,- subsidi Rp 5.500,- dijual Rp 18.000,- perkilo. Margarin harga pasar Rp 5.500,- subsidi Rp 2.500,- di jual Rp3.000,- per bungkus dan Sirup harga pasar Rp 13.600,- subsidi Rp 5.600,- dijual Rp 8.000/botol.

Aminah 35 tahun salah satu warga Dusun IIi Desa Pinang Banjar Kecamatan sungai lilin Sangat senang saat dibincangi Media, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Muba selalu tanggap dan membuat terobosan masih mau memikirkan warga yang tidak mampu seperti kami. Pasar sembako murah sangat ini Sangat membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari”, ucapnya.

Hadir dalam acara tsb Plt. Bupati Muba Beni Hernedi di dampingi Susi Emilda Beni Hernedi(istri). Disdagin Zaenal Arifin .ST. Camat Sungai Lilin Drs .H. Alamsyah Rianda. MH, Danramil 04-01 Sungai Lilin Kapten Infantri M.Yamin, Kepala Desa Ping Banjar Kepala Pasar Sungai Lilin dan warga Masyarakat setempat.

Disdagin Muba Zaenal Arifin . ST mengungkapkan , Pasar Murah Sembako ini dalam satu Kabupaten Muba menggelar dalam 9 Kecamatan, yang sudah berjalan Kecamatan Kecamatan Lawang Wetan, Plakat tinggi, Sekayu, Lalan dan hari ini Kecamatan Sungai Lilin sementara yang belum terealisasi Empat Kecamatan Batanghari leko , Tungkal Jaya, Bayung lincir
dan Kecamata Sangadesa, Untuk Kecamatan Sungai lilin di anggarkan Kurang lebih sekitar Rp 40 juta.

Bagaimana Menurut Anda?