SAD Balajar Pola Hidup Sehat Bersama ‎PKK Muratara Dan Bhayangkari Polres Mura

34
SAD Balajar Pola Hidup Sehat Bersama ‎PKK Muratara Dan Bhayangkari Polres Mura

BUANAINDONESIA.CO.ID, MURATARA – Masyarakat suku anak dalam (SAD) Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir  Kabupaten Muratara, mendapatkan kunjungan dari Dua organisasi wanita Bhayangkari Cabang Polres Musi Rawas (Mura) dan tim penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Dalam kunjungan itu Masyarakat suku anak dalam itu mendapat bantuan sembilan bahan pokok (sembako), serta pemeriksaan kesehatan gratis, sosialisasi cara mencuci tangan, mengajarkan cara menyikat gigi, potong rambut, dan pemberian vitamin A.

Ketua Tim PKK Kabupaten Muratara, Ny Rita Devi Suhartoni mengatakan, warga suku anak dalam (SAD) merupakan warga Kabupaten Muratara yang sejak lama menjadi bagian di masyarakat lainnya. Sehingga, mereka juga perlu di bina dan diperhatikan.

“Mereka bagian masyarakat lainnya. Jadi Tim PKK Muratara bersama Bhayangkari Cabang Polres Mura melakukan bakti sosial (baksos) di pemukiman (rompok) mereka,” jelas Ny Rita Devi Suhartoni saat mengelar baksos di pemukiman SAD di Desa Mandi Angin.

Menurutnya,‎ kegiatan sosial masyarakat kedepan tetap dilakukan kepada SAD. Sehingga, mereka secara bertahap mengetahui budaya umum lainnya di masyarakat. Kita tetap bina dan memperhatikan mereka. Secara bertahap pola hidup sehat diberikan dan mereka memahami agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Polres Mura, Ny Achy Pambudi mengatakan, ‎pihaknya bersama Tim Penggerak PKK Muratara melakukan baksos terhadap SAD. Berbagai kegiatan dilakukan mulai mengajarin anak-anak SAD pola hidup sehat seperti mencuci tangan sebelum makan, menyikat gigi, memotong rambut.

“Nah, semua yang dilakukan untuk memperkenalkan hidup sehat bagi anak-anak SAD. Karena mereka mayarakat  Muratara sama seperti masyarakat lainnya. Bahkan, anak-anak perlu diberikan pengetahuan hidup bersih,” kata Achy Pambudi.

Dia juga menambahkan , pelayanan kesehatan diberikan kepada wanita dan ibu-ibu SAD. Sehingga, mereka paham dan mengerti hidup sehat bersama anak-anak mereka. Tidak hanya itu, anak-anak SAD juga mendapatkan pemberian vitamin A.

“Kita terima kasih kepada semua pihak yang membantu giat baksos ini. Mulai dari Tim Ur Dokkes Polres Mura, dr Launa Budi HS , Dinkes Muratara dan aparatur kecamatan serta para bhabinkamtibmas. Sehingga, SAD mendapatkan perhatian dan pembelajaran hidup sehat seperti masyarakat lainnya,” pungkasnya.

Bagaimana Menurut Anda?