Sembilang Di Resmikan, OPD Banyuasin Diminta Aktif Informasi

5.569 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID,BANYUASIN – Bupati Banyuasin SA Supriono, Kamis (5/7) meresmikan Serambi Integrasi Pelayanan Publik Sedulang Setudung (SEMBILANG) yang bertempat di lantai dasar Kantor Bupati Banyuasin.

Aplikasi berbasis teknologi informasi ini bagian dari upaya Pemkab Banyuasin memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah layanan kepada masyarakat. Dengan mengklik aplikasi Sembilang ini yang bisa didonwload melalui HP pintar berbasis android dan Iphone, masyarakat akan mudah mendapatkan berbagai informasi,

Sembilang ini terang Supriono merupakan tindak lanjut ditunjuknya Kabupaten Banyuasin sebagai 25 pemerintahan kabupaten kota yang termasuk program smartcity dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Seiring dengan itu bahwa kemajuan elektronik yang semakin cepat dan tuntutan zaman bahwa pemerintah itu harus mengedepankan transfaransi yang cukup luas. Tentu transfaransi itu tidak bisa dikerjakan secara partial karena pemerintah itu adalah organisasi dengan sistem, tatanan dan aturan sehingga harus diintegrasikan satu sama lain.

Langkah yang ditempuh aplikasi sembilang smart city ini jelasnya, sebenarnya baru langkah awal yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Dimana Program pemerintah kabupaten Banyuasin kedepan dalam rangka pelayanan publik harus dibuat graha sendiri (mall pelayanan publik) sehingga masyarakat tidak susah mencari pelayanan dari dinas-dinas, karena dinas itu sifatnya sebagai operator penyedia jasa, penyedia layanan, mengupdate sesuai bidang tugas masing-masing.

Untuk pelayanan publik masyarakat dapat mengakses informasi ke aplikasi sembilang smart city,agar semua stakeholder, semua pengguna, semua penyedia jasa dapat aktif menyediakan jasanya dan menyediakan informasi ke aplikasi ini untuk dapat diakses seluruh masyarakat.

” Banyak yang bisa dikerjakan disini, point pertama adalah mendidik masyarakat untuk mengerti dan tidak menyalahgunakan teknologi tersebut. Teknologi ini dibuat sebenarnya bukan untuk berbagai keperluan yang tidak baik tetapi untuk menciptakan kemudahan dalam pelayanan, ” jelasnya.

Kabupaten Banyuasin areanya cukup luas diharap makin banyak informasi yang dapat disajikan, sebagai contoh untuk mencari peraturan daerah, nantinya dengan aplikasi tersebut masyarakat bisa melihat langsung/mendownload produk tersebut.
Disamping itu juga encana tata ruang, perencanan pembangunan dan langkah kedepan dapat berguna bagi investasi yang bergerak di berbagai sektor di Kabupaten Banyuasin.

“Jika  selama ini kita dapat mencari informasi melalui banyuasinkab.go.id. dan ini adalah cikal bakal dari SEMBILANG smart city ini, maka perluasanya adalah aplikasi SEMBILANG smart city. Kita berharap dengan program ini masyarakat tidak lagi protes sana-sini, dan organisasi  perangkat daerah (OPD) harus aktif melihat dan mengupdate informasi terbaru dan peka terhadap keluhan masyarakat,” tegasnya.

Dikatakan Supriono, bahwa layanan SEMBILANG i juga akan terintegrasi pada layanan darurat call center 112 dan agen-agen pelayanan harus betul-betul melayani masyarakat agar tercipta komunikasi yang baik, serta masyarakat mendapatkan informasi seluas-luasnya tentang pelayanan publik yang ada di kabupaten banyuasin.

SEMBILANG smart city ini akan terus dikembangkan secara luas semua informasi dan pelayanan ada disini, termasuk updating data-data kependudukan, data kepegawaian, untuk saat sekarang organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai penyedia jasa informasi publik harus siap untuk menempatkan stafnya dalam rangka penyediaan data dan informasi.

“Harapan saya dengan inovasi proyek perubahan  SEMBILANG smart city tersebut dapat memperkecil kesenjangan pelayanan, memangkas birokrasi dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.
Jadi tujuan dari SEMBILANG smartcity ini adalah mempermudah pelayanan, memperkecil rentang kendali dan memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan informasi layanan publik yang mereka butuhkan,”katanya.

*Agen-Agen Layanan*

Sebelumnya, Kadis Kominfo Banyuasin Erwin Ibrahim dalam laporannya menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika  pada rapat bersama tanggal 29 Juni 2018 yang lalu secara resmi memperkenalkan Aplikasi Sembilang Smart City dan ruang pusat pelayanan terpadu berbasis teknologi informasi komunikasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Banyuasin.

Tujuannya adalah untuk membentuk komitmen bersama terhadap Integrasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi komunikasi. Yang merupakan suatu inovasi proyek perubahan didalam memperbaiki pelayanan publik menjadi lebih mudah cepat dan efisien.

” Pada Pusat Pelayanan publik ( SEMBILANG) tersebut akan Kita tempatkan agen-agen pelayanan antara lain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, BPBD Kesbangpol, SatPolPP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertanahan, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP), Dinas lingkungan hidup, Dinas tenaga kerja dan tentunya pelayanan ini akan terus ditingkatkan di kemudian hari,”terangnya.

Pada Layanan SEMBILANG ini juga akan terintegrasi dengan Layanan Darurat Call Center 112, sehingga masyarakat dengan mudah dapat berinteraksi dengan pemerintah secara cepat dan terintegrasi agar dapat direspon secara cepat oleh pemerintah Kabupaten Banyuasin, baik darurat kriminalitas, kesehatan, kebakaran, kependudukan, perhubungan, lingkungan hidup, ketenaga kerjaan dan lain sebagainya.

Aplikasi Sembilang Smart City ini juga dapat di download pada Ponsel pintar berbasis android dan Iphone, beberapa fitur disediakan dalam aplikasi ini antara lain Pelayanan Umum, Informasi Publik, Kesehatan, Pendidikan, Perhubungan, Banyuasin TV, Informasi Cuaca, Informasi Kepolisian, Tempat Ibadah, Kuliner, Pendidikan, Lowongan Kerja, Lapak Jual Beli, Wisata, UMKM dan banyak lagi yang menu lainya cukup dalam 1 (satu) aplikasi saja

Kedepan diharapkan semua pelayanan terintegratif disatu tempat yang lebih besar atau disebut mall pelayanan publik sehingga  masyarakat tidak sulit lagi mencari informasi yang dibutuhkan,  apalagi mudah diakses dan terus diupdate.

” Untuk itu kami dengan izin bupati banyuasin, saya harap kerja sama dari OPD dilingkungan Pemkab Banyuasin dan Instansi lainnya yang mencakup pelayanan publik untuk dapat komitmen bersama dan menandatangani surat komitmen bersama sehingga Serambi pelayanan Publik Sedulang Setudung (SEMBILANG) berbasis teknologi informasi komunikasi Didalam Mewujudkan Banyuasin smart city berjalan sesuai harapan bersama dengan dukungan bersama, “tandasnya

Bagaimana Menurut Anda?