Warga Apresiasi Kegiatan Dokter Hewan Banyuasin

4.274 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID,BANYUASIN – Hewan ternak sapi warga Talang kebang, Lingkungan IX Kelurahan Pangkalan balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin. Sumatera selatan mendapatkan perawatan kesehatan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Banyuasin,

Perawatan kesehatan yang dilakukan Dinas Pertanian itu antara lain memberikan suntikan birahi agar cepat berkembang biak. serta, memberikan obat kepada hewan yang mengalami sakit.

“Ya, kita pada hari ini melakukan penanganan dan pemantauan terhadap hewan yang berkaitan dengan reproduksi hewan” ucap Dokter Wiga, Dokter Hewan Dinas Pertanian saat dibincangi. Kamis, 10/05/18.

Dirinya mengatakan, kedatangan mereka ke Desa-desa yang mempunyai hewan ternak karena ada hewan yang merasakan sakit baik itu tubuh maupun reproduksinya.

“Itulah kita datang kesini, karena hewan yang kita cek banyak yang mempunyai penyakit, baik reproduksi, kurang nafsu makan dan cacingan, untuk Talang kebang ini sudah dua kali kita datangi, dan ini merupakan pengontrolan hewan mereka” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada peternak untuk dapat melakukan perawatan hewan yang baik dan benar, baik dari managemen makanan maupun minuman dan kandangnya, agar ternak warga menjadi penopang perekonomian mereka.

“Kita berpesan pada peternak agar memperhatikan makanan sapinya, dan selalu sediakan air minum di kandangnya, dan saat digembala, serta menjaga kebersihan kandang. Nanti kita akan terus kontrol hewan mereka secara berkala, agar dengan sehatnya sapi mereka dapat membantu perekonomian mereka dan insyah Allah bisa menjadi lumbung daging di Banyuasin” imbuhnya.

Dirinya juga mengatakan bila selama ini terkesan tidak melakukan pelayanan kesehatan hewan ditengah masyarakat. “Ya kita mohon maaf bila selama ini dinilai lamban, baik dalam melakukan vaksinasi anjing rabies, liar, sebab kita jumlahnya sedikit namun wilayah kita 19 Kecamatan, dan selain vaksinasi anjing kita juga vaksinasi flue burung serta perawatan ayam, sapi, kambing” tegasnya.

Sementara, Maini warga RT 026 Kelurahan Pangkalan balai, ketika dibincangi mengaku senang atas kehadiran pihak Dinas Pertanian yang sudah melakukan suntik dan pemberian obat pada sapinya.

“Alhamdulillah setelah waktu lalu disuntik danĀ  di cek, sapi saya ternyata hamil, terima kasih sekali kepada Dinas Pertanian yang sudah turun melakukan pemantauan serta suntik birahi sapi kami, insyah allah apa yang sudah mereka sarankan akan kita lakukan” tandasnya.

Bagaimana Menurut Anda?