Tak ada Pemenang Nobel Sastra pada Tahun Ini

2.054 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, JAKARTA- Akademi Swedia mengumumkan bahwa tidak akan ada pemenang Nobel untuk sastra pada tahun ini.

Ini merupakan dampak dari skandal tuduhan serangan seksual terhadap sejumlah anggota dewan yang telah mengundurkan diri dari dewan Akademi Swedia, lembaga yang memberikan penghargaan prestise ini.

“Keputusan ini diambil saat pandangan dan kepercayaan publik terhadap Akadami berkurang,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan pihak Akademi Swedia seperti dilansir dari¬†Reuters, Jumat 4 Mei 2018.

“Bekerja untuk memilih penerima hadiah pada tahap lanjutan dan akan terus dilakukan seperti biasa di bulan depan tetapi Akademi membutuhkan waktu untuk mendapatkan kembali dengan lengkap, melibatkan lebih banyak anggota aktif dan mendapatkan kembali kepercayaan diri dalam pekerjaannya, sebelum menyatakan Pemenang Hadiah Nobel Sastra berikutnya,” demikian bunyi pernyataan itu.

Selanjutnya Akademi Swedia mengatakan akan memberikan dua hadiah Nobel Sastra pada 2019.

Tingkah laku dewan penulis dan ahli bahasa terkemuka telah menyebabkan munculnya tuduhan pelanggaran seksual oleh suami dari salah satu anggotanya dan kebocoran sejumlah nama pemenang hadiah menjelang pengumuman resmi.

Fotografer dan tokoh budaya Jean-Claude Arnault, yang menikah dengan anggota Akademi dan penulis Katarina Frostenson, menyangkal semua tuduhan mengenai pelecehan seksual dan membocorkan nama-nama pemenang. Bantahan itu disampaikan Arnault lewat pengacaranya.

Penundaan atau pembatalan pemberian Hadiah Nobel sangat jarang tetapi bukan berarti belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemberian Hadiah Nobel pernah ditiadakan antara tahun 1940 dan 1943, karena Perang Dunia II. Sementara novelis Amerika, William Faulkner, menerima hadiah setahun kemudian di akhir tahun 1950 ketika dua hadiah dibagikan secara bersamaan.

Aturan yayasan yang berasal dari wasiat penemu dinamit Alfred Nobel menyebut hadiah dapat disimpan dan diberikan pada tahun berikutnya.

sumber: tigapilarnews.com