Wakil Ketua DPRD Sumsel, M. Yansuri Bersama Tim Operasi Pasar

2.202 dibaca
Wakil Ketua DPRD Sumsel, M. Yansuri sidak ke pasar bersama tim satgas pangan Polda Sumsel dan instansi lainnya.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), M. Yansuri – Partai Golongan Karya (Golkar) bersama Kepala Perum Bulog Devisi  Regional Sumsel dan Bangka Belitung, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan, Tim Satgas Pangan  dari Polda Sumsel, Kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumsel, Kepala PD Pasar Kota Palembang mengadakan operasi Pasar untuk menjaga stabilitasi harga sembako di bulan Ramadhan – Idul Fitri 2018.  Operasi pasar  dilakukan di tiga pasar yang ada di Palembang yaitu Pasar Lemabang, Sako dan terakhir di  Pasar Pal Lima di Km5. Kamis 17 Mei 2018.

“Harga sembako di hari perdana puasa  masih cukup stabil, ada kenaikan. namun masih dibatas wajar,”kata Yansuri. Kamis 17 Mei 2018.

Tim Operasi Pasar. Kamis 17 Mei 2018

Dalam operasi pasar ditiga lokasi, harga daging Rp120.000, Tulang Rp80.000,  Daging ayam potong Rp45.000 perkilogramnya  rata-rata harganya hampir sama.

Dikatakan Kalau harga tidak stabil, pihak bulog Sumsel akan mendukung  program pemerintah untuk menjaga menstabilkan harga sembako.

Yansuri bersama tim sidak ke Pasar

“Bukan sekali ini saja, kita akan bekerja terjun ke pasar, kita akan turun lagi nanti untuk mempengaruhi harga pasar sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat,”ujarnya.

Kepala, Bulog Divre Sumsel dan Babel, M Yusuf Salahuddin  mengatakan Hari ini kita turun bersama-sama ke pasar  melakukan upaya-upaya preventif dan gerakan stabilisasi pangan, untuk memastikan ketersedian pasokan, stabilisasi beras untuk menjaga harga sembako di pasar.

Rapat koordinasi tim gabungan di Bulog Perintis Kemerdekaan Palembang. Kamis 17 Mei 2018

“Memang semua harga sembako saat operasi pasar relatif stabil. Namun pihak bulog sendiri tidak akan lengah tidak mau harga bergejolak di pasar,”

Ditegaskan, kalau harga tidak stabil, pihak bulog sudah siap untuk menjaga harga komoditi pasar.

“Kami sudah menyiapkan kebutuhan bahan pokok selain beras, ada gula pasir, trigu, minyak goreng, daging beku. Siang ini daging beku datang 60 Ribu ton, harga perkilo Rp.80 ribu, berapapun yang dibutuhkan masyarakat bulog siap,”

Sementara itu, Tim Satgas Pangan Polda Sumsel, Kasubdit I Timsus AKBP Yoce Martin  mengatakan berdasarkan tinjauan langsung ke beberapa pasar di Palembang,  hari ini, harga masih relatif normal

“Harga normal, kenaikan ada. Namun masih dibatas kewajaran, belum terlihat ada kecurangan,”ujar Yoce.

Dikatakan, tidak menutup kemungkinan,  Kalau harga distributor sudah sesuai otomatis harga stabil.  “Ada kemungkinan juga distribusi stabil ada pedagang yang ingin menaikan harga sendiri ini yang akan  menjadi masalah dan  ini menjadi kerja kita bersama hingga saat ini belum ditemukan  indikasi perbuatan tersebut, kalau ditemukan akan kita tindak tegas,” (ADV).