Diduga Pasal Proyek. Oknum KPA Daerah II Aceh Jaya, Lempar Kaca Kantor Dinas Pertanian

14.148 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH JAYA – Diduga gegara tidak mendapatkan jatah proyek, oknum anggota KPA (Komite Peralihan Aceh) Kabupaten Aceh Jaya, inisial YM (37), warga Desa Kareung Ateuh, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, merasa kesal, sehingga oknum tersebut memecahkan pintu kaca depan Dinas Pertanian Aceh Jaya, Senin siang, (25/3/2019).

Menurut keterangan dari sumber terpercaya media ini, YM itu, selain sebagai anggota KPA Aceh Jaya, daerah II, juga sebagai timses dari salah satu caleg DPRA, Saat kejadian itu, ujarnya, dia melihat YM, sedang berbicara dengan seseorang melalui telepon seluler miliknya, dengan nada marah. Seketika telepon ditutup. Dia mengambil batu dan melempar pintu kaca kantor itu. Lalu, dengan mengendarai mobil Ford warna putih, BL 1339 JK, pelaku, langsung pergi meninggalkan Kantor Dinas Pertanian.

Kadis Pertanian Aceh Jaya, Teuku Mufizar, saat dihubungi, membenarkan kejadian itu, Sebelum kejadian pelemparan kaca kantor dengan batu bata, YM sempat menelfon meminta proyek kepada dirinya, “saat itu saya mengatakan sedang berada di Kabupaten Aceh Barat, sedang ada urusan”. tutur kadis.

Mufizar, sebagai kadis mengaku bingung dan heran, Mengapa yang bersangkutan minta proyek kepada dirinya, sedangkan pemenangan proyek atau pekerjaan yang ada di dinas, itu bukan wewenangnya dan Semua ada prosedurnya, “Jika memang ingin mendapatkan proyek, harus mengikuti tender yang dilaksanakan oleh pihak ULP (Unit Layanan Pengadaan), jadi ikuti sesuai dengan prosedur. Karena kami tidak ada kebijakan untuk memberikan, bahkan memenangkan proyek,” tegasnya.

Teuku Mufizar, mengaku dirinya sangat menyesali akan insiden yang terjadi di dinasnya tersebut, “apalagi yang dirusak kantor atau gedung milik pemerintah, ssya sudah menyampaikan kepada Sekdis, untuk segera membuat laporan kepolisian. Sehingga kedepan kejadian serupa tidak terulang kembali,” harap T. Mufizar.

Terkait siapa pelakunya, saat ditanyakan Kadis Mufizar enggan menjelaskan siapa pelaku tersebut. Yang sudah pasti katanya, orang Aceh Jaya. Pekerjaannya apa dan dari gampong dan kecamatan mana, Mufizar tidak mengetahuinya.

Sementara, Kapolres Aceh Jaya, AKBP Eko Purwanto, melalui Kasat Reskrim Polres Aceh Jaya, Iptu Mahfud Musady, Senin malam, saat dihubungi mengatakan, pelaku pelemparan kaca di Kantor Dinas Pertanian itu sudah di tangkap, petang tadi, pukul 18.00 WIB, di Simpang Tugu Kantor Bupati. “Pelaku diamankan berdasarkan laporan yang dterima dari Idris, SP,” terang Kasat Reskrim Polres Aceh Jaya.

Dijelaskan Mahfud, pelaku yang diamankan atas nama Yusmadi, (37) hari Senin, tanggal (25/3/2019) sekira pukul 18.00 WIB. Warga Desa Kareung Ateuh, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, ” yang bersangkutan diduga telah melakukan tindak pidana pelemparan kaca pintu Kantor Pertanian, di Dusun Kulam Merisi, Desa Ketapang, Kabupaten Aceh Jaya,” bebernya.

Saat disinggung terkait pelaku inisial YM, apa benar salah satu anggota di KPA Aceh Jaya, Mahfud Musady, enggan berkomentar banyak. Ia menyarankan untuk menunggu hasil perkembangan lebih lanjut  “Kita belum bisa menjawab hal itu”, katanya.

Terpisah, Azis Muhajir, Juru Bicara DPW PA Aceh Jaya, via telepon seluler, Selasa (26/3/2019) pukul 00.016 WIB, mengaku tidak mengetahui kejadian pelemparan kaca kantor dinas yang dilakukan YM. Namun Azis membenarkan bahw YM, adalah anggota KPA dari wilayah II Aceh Jaya.

“Kalau tentang adanya peristiwa di kantor dinas itu saya tidak tahu. saya tidak ke Calang, karena ada kenduri di rumah, 40 hari Abang Saya (Alm. Nasrizal ).” Tandasnya.

Jika kejadian tersebut benar adanya, tegas Azis Muhajir, pastikan itu adalah tindakan pribadi oknum KPA, Aya meminta tidak dikaitkan dengan organisasi. “Pada prinsipnya KPA tidak ikut campur dengan proyek-proyek pemerintah,” jelas Jubir DPW PA.

Bagaimana Menurut Anda?