Eka Januar : Pilkada Sertalintas di Aceh Berdampak Bagi Nilai Tawar Aceh

6.165 dibaca
Kekalahan Partai Aceh (PA) pada Pilkada serentak 2017 secara tidak langsung memiliki dampak bagi nilai tawar Aceh terhadap Jakarta. dalam analisanya, pada Pemilu Legislatif 2019 yang akan datang perolehan suara Partai Aceh (PA) akan kembali mengalami penunuran, tren negatif sedang dialami oleh partai Aceh, kondisi ini sangat berbahaya bagi kelangsungan PA dan bukan tidak mungkin partai PA akan tinggal kenangan, sebut Eka Januar.

BUANAINDONESIA.CI.ID, ACEH – Dosen Univessitan Islam Negeri Ar-Raniry(UINAR), Eka Januar,SIP,.M,Sos.Sc, melalui Release Pers mengapreasi Sikap netralitas Komisi Independen Pemilihan (KIP), dalam melaksanakan berbagai tahapan pilkada serentak. Meski demikian Eka Juga merasa prihatin terhadap hasil perolehan suara yang didapat oleh Partai Aceh. Sebab perolehan suara akan berdampak pada keberlangsungan Partai Tersebut.

Selain itu Kekalahan Partai Aceh (PA) pada Pilkada serentak 2017 secara tidak langsung memiliki dampak bagi nilai tawar Aceh terhadap Jakarta. Bahkan, akan berdampak pada pemilu Legislatif 2019 mendatang.

“Dalam analisa saya, Pemilu Legislatif 2019 yang akan datang perolehan suara Partai Aceh (PA) akan kembali mengalami penunuran, tren negatif sedang dialami oleh partai Aceh, kondisi ini sangat berbahaya bagi kelangsungan PA dan bukan tidak mungkin partai PA akan tinggal kenangan,” sebut Eka Januar.

Oleh karena itu, tambah Eka, Partai Aceh perlu melakukan konsolidasi secara mendasar, dan konsolidasi itu tidak cukup dengan sesama anggota PA saja, akan tetapi elit-elit PA perlu melihat jauh kebelakang dimana keberhasilan GAM dalam mempresure pemerintah Jakarta pada masa Aceh dilanda konflik juga sangat dipengaruhi oleh intelektual-intelektual kampus yang tergabung dalam organisasi SIRA (sentral Informasi Referendum Aceh).

Menurutnya, Partai Aceh adalah marwah masyarakat Aceh, karena kelahiran Partai Aceh adalah bahagian daripada penyelesaian konflik Aceh yang berkepanjangan. “Oleh sebab itu secara pribadi saya melihat demi Aceh dan demi Partai Aceh yang lebih baik kedepan maka perlu kiranya kader-kader SIRA dan PA duduk bersama untuk melakukan konsolidasi politik,” tutup Eka Januar.

Bagaimana Menurut Anda?