Ikatan Kaluarga Anti Narkoba Lakukan Silatirahmi ke Kapolres Aceh Jaya

7.932 dibaca
Ikatan Keluarga Anti Narkoba (IKAN) DPD Aceh Jaya saat berkunjung ke Kapolres Aceh Jaya

KhadafiBUANAINDONESIA.CO.ID, CALANG – Ikatan Keluarga Anti Narkoba (IKAN) DPD Aceh Jaya, melakukan silahturahmi dengan Kepala Polisi Resor (Kapolres) Aceh Jaya, AKBP. Eko Purwanto, di ruang kerja Kapolres, pada hari selasa, 23 januari 2018.

Kunjungan tersebut dalam rangka pengenalan organisasi IKAN serta pemaparan program dan peran lembaga tersebut di Kabupaten Aceh Jaya, sekaligus pemberitahuan keberadaan wadah organisasi lembaga. Kedatangan tim disambut langsung Kapolres bersama Kasat Bimas dan Kasat Narkoba Polres Aceh Jaya.

Kapolres Aceh Jaya, Eko Purwanto mengatakan, selaku Kapolres sangat mendukung pembentukan organisasi IKAN sebagai salah satu wadah dalam turut serta memberantas narkoba.

“Saat ini, narkoba memang menjadi satu hal yang harus di berantas, bukan hanya dari kepolisian saja, masyarakat juga mempunyai peran dalam pemberantasan tersebut. Untuk saat ini, belum ada temuan di Kabupaten Aceh Jaya sebagai tempat sasaran peredaran besar bandar-bandar” tutur Eko Purwanto.

“Tetapi untuk menjaga merebaknya narkoba di wilayah ini, kita tetap rutin melakukan patroli, pemantauan dan penyuluhan-penyuluhan di sekolah-sekolah. Memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba.” lanjut Kapolres.

Dengan sekolah-sekolah, pihaknya juga melaksanakan berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada siswa, seperti Pramuka dan Shaka Bayangkara, sehingga siswa-siswi tersebut dapat menyalurkan kreatifitasnya dengan hal-hal bermakna.

“Kepada masyarakat, baik dari tingkat gampong hingga kabupaten, untuk dapat bersama-sama menjaga wilayah nya masing-masing, sehingga peredaran narkoba tidak merambah dan merusak generasi penerus kita.” tambah dia.

Dengan adanya organisasi Ikatan Keluarga Anti Narkoba, Kapolres berharap ke depannya lembaga ini mampu memberikan yang terbaik dalam hal pemberantasan narkoba, baik itu dari temuan dan penyampaian informasi kepada pihaknya.

“Terimakasih atas pertemuan ini. Kedepannya semoga bisa saling mendukung dan sinergis antara organisasi IKAN dan Polri, dalam pencegahan bahaya narkoba.” pungkas Eko Purwanto.

Sementara, Ketua IKAN Kabupaten Aceh Jaya, Hamdani, memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kapolres Aceh Jaya beserta jajarannya yang telah menerima silahturahminya.

Dalam diskusi singkat tersebut kedua belah pihak bersepakat bahwa upaya preventif penyalahgunaan narkoba harus dilakukan secara bersama sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.

“Harus mampu bersinergis dengan berbagai lembaga, organisasi, tokoh masyarakat, ulama atau tengku di dalam masyarakat sekitar, sekaligus membangun kesadaran bersama untuk mencegah peredaran Narkoba di Aceh Jaya.” pungkas Hamdani.

Editor: NA

Bagaimana Menurut Anda?