Jalan Menuju Manggamat Hancur Total

7.133 dibaca
Kondisi jalan menuju kawasan Manggamat Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, poto Rabu 27/03/19
Kondisi jalan menuju kawasan Manggamat Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, poto Rabu 27/03/19

BUANAINDONEDIA.CO.ID,  ACEH SELATAN – Sepanjang lebih kurang 4,5  kilometer badan jalan di lintasan pegunungan menuju kawasan Manggamat Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, mengalami hancur total. Akibatnya jalan sulit dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Ironisnya dibeberapa titik di badan jalan lintasan antara tanjakkan dan jurang pegunungan itu terdapat kubangan yang dalam disertai lumpur. Kalau tidak hati – hati melewati jalan  tersebut, pengendara kendaraan bakal masuk ke jurang.

Kerusakan badan jalan ini sudah berlangsung lama, namun hingga kini belum tersentuh perbaikan dari pihak terkait. “Sudah lama badan jalan itu hancur, dari semula beraspal kini badan jalan hanya  dilapisi  tanah berlumpur,” ungkap sejumlah warga Kluet Tengah kepada BUANA INDONESIA di Manggamat, Rabu (27/3/2019).

Lebih parah lagi, lanjutnya, setiap musim penghujan, badan jalan sepanjang lebih kurang 4,5 Km di pegunungan itu nyaris tak bisa dilalui pengguna kendaraan yang ingin menuju dari dan ke Kluet Tengah. “Disaat tidak turun hujan saja, jarak tempuh dari Kota Fajar, Kec. Kluet Utara ke Kec. Kluet Tengah menghabiskan waktu 1,5 jam. Konon lagi bila turun hujan, bisa saja habis waktu 2,5 jam di lintasan pegunungan itu,” ujarnya.

Menurut dia, lintasan pegunungan tersebut merupakan satu – satunya jalan penghubung arus transportasi masyarakat Kec. Kluet Tengah ke Kec. Kluet Utara, maupun sebaliknya. “Selama ini masyarakat menggunakan jalan itu untuk membawa hasil pertanian dan perkebunan. Jika jalan ini tak bisa dilalui, maka otomatis hasil pertanian dan perkebunan tidak bisa dijual kepasaran,” ucapnya.

Secara terpisah, Camat Kluet Tengah, Gafaruddin S.Pd ketika diminta tanggapannya, mengakui selama ini masyarakatnya mengeluhkan kondisi badan jalan dilintasan pegunungan itu. “Ya, badan jalan itu sudah lama rusak parah dan sulit dilalui, bahkan lubang besar terdapat di beberapa titik badan jalan,” sebutnya.

Selain itu, ia sangat berharap kondisi jalan dilintasan pegunungan Manggamat untuk segera mendapatkan penanganan  permanen dari pemerintah propinsi Aceh maupun pemkab Aceh Selatan. “Untuk penanganannya, kita harapkan Pemerintah Aceh maupun Pemkab Aceh Selatan agar membangun jalan aspal hotmix di lintasan itu untuk memudahkan arus transportasi masyarakat,” harapnya.

Bagaimana Menurut Anda?