Jelang PKA VII, Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Gelar Pra – PKA

15.105 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH JAYA –  Menjelang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke – 7, yang dilaksanakan di Kota Banda Aceh nanti, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya menggelar kegiatan Pra – PKA, bertempat di Gedung Kesenian Kota Calang. Kegiatan yang dilakukan tersebut sebagai persiapan kabupaten yang ikut serta pada even PKA, pada bulan Agustus mendatang. Dari tanggal 5 – 15 Agustus 2018.

Saat sesi pembukaan kegiatan, Julianto, Ketua Panitia Penyelenggara, Jumat (20/7/2018) mengatakan, kegiatan Pra- PKA akan berlangsung selama tiga hari. Dimulai, Jumat – Minggu (20 – 22 Agustus 2018).

Kegiatan yang dilaksanakan ini, sambung Julianto, sebagai persiapan dalam rangka mengikuti even Pekan Kebudayaan Aceh (PKA VII) di Banda Aceh, Agustus mendatang,

Adapun kegiatan pentasan yang akan diselenggarakan nantinya, lanjut Julianto, Dalail khairat, cagok/lawak aceh, zikir maulid, marhaban, tari kreasi, ratoeh jaroe, rateb meusekat, tari laweut, rapai geleng, tadarus Alquran, hiem, merukon dan cipta serta baca puisi.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah membuka pendaftaran untuk masing masing bagian seni  secara umum untuk seluruh kecamatan. Baik grup maupun perseorangan,

“Hari ini sampai dua hari kedepan , kita akan seleksi mana yang terbaik. Itulah yang terpilih sebagai utusan dari kabupaten  untuk mengikuti even PKA di Banda Aceh nanti.” Katanya.

Menurut Julianto, kegiatan yang dilaksanakan ini, dilakukan untuk memilih yang terbaik dari masing masing bidang seni. “Hal ini dilakukan agar di kemudian hari nanti, tidak muncul anggapan ataupun dugaan terhadap panitia penyelenggara adanya penunjukan langsung kepada peserta tanpa diseleksi terlebih dahulu,” tandas dia.

Lebih lanjut julianto  mengharapkan, saat Even PKA Aceh nanti, Kabupaten Aceh Jaya bisa mengirim perwakilan terbaiknya. Dengan harapan bisa meraih prestasi predikat terbai.

Bagaimana Menurut Anda?