Kain Songket Aceh Jaya, Di Fashion Show Jakarta Convention Centre

3.608 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Dekranasda Aceh Jaya, Ners Ernani Wijaya. kepada media ini mengatakan, Peragaan kain songket dari Aceh dihadapan para pengurus Dekranasda seluruh Indonesia, saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranasda yang berlangsung di Jakarta Convention Centre, Rabu 26 September 2018 lalu idiharapkan dapat membangkitkan para pengrajin. “Nantinya, para pengrajin kain songket ini kedepanya, semakin termotivasi setelah di tampilkan pada tingkat nasional dalam membawa nama Daerah”. Katanya Kamis (28/09/18).

Ernani juga mengatakan, dihari kedua pelaksanaan Rakernas yang bertema, ‘Berinovasi Menuju Kriya Nusantara Yang Berkualitas’. Di kesempatan tersebut, 10 hasil kerajinan Aceh Jaya, yang mewakili Aceh, selain dipamerkan, juga adanya peragaan busana. Sehingga songket dari Aceh Jaya semakin di kenal oleh masyarakat luas di Indonesia.

Hal ini tentunya, menjadi kebanggaan bersama masyarakat, karena Aceh Jaya telah dapat menampilkan hasil kerajinan kain songket hingga Nasional. Kita semua sangat berharap, dengan adanya dukungan semua pihak sehingga nantinya kain songket ini akan dapat lebih dikenal hingga kedunia Internasional, tukas dia.

Ernani Menambahkan, Rakernas Dekranas ini, tentu dalam upaya mensinkronkan setiap program-progran yang dijalankan. Sehingga setiap permasalahan yang dihadapi akan mendapatkan titik temu dari persoalan yang dihadapi oleh pengrajin, ujarnya.

Selain dengan adanya Rakernas ini, masih kata Ernani, dengan terlaksananya fasion show tersebut, menjadi wadah promosi kain songket. “Tentu hal ini akan menjadi motifasi bagi para pengrajin yang ada di Aceh Jaya untuk lebih bersemangat lagi, sehingga akan meninggkatkan perekonomian rumah tangga”. Katanya.

Selain itu, ujar dia, pihaknya akan terus berupaya membangkitkan pengrajin -pengrajin yang handal dengan melakukan pembinaan yang sebagaimana telah dilaksanakan. Dan ini menjadi salah satu acuan kita bersama, bahwa kain songket khas Aceh Jaya tidak kalah menarik dengan Daerah lain.

Bagaimana Menurut Anda?