Plt Gubernur Aceh Prioritaskan KEK di Aceh Jaya

10.963 dibaca
Plt Gubernur Aceh. Tengah Sekda Aceh Jaya, Mustafa. Kanan, Wabup Aceh Jaya, Tgk. Yusri.
Plt Gubernur Aceh. Tengah Sekda Aceh Jaya, Mustafa. Kanan, Wabup Aceh Jaya, Tgk. Yusri.

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH JAYA – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Menegaskan bahwa  KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) menjadi program utama dalam pembangunan di wilayah Pantai Barat Selatan, Aceh.  untuk mendukung perekonomian masyarakat “Setelah KEK ini berjalan, baru dilanjutkan dengan pembangunan terowongan di Gunung Geurutee.” Kata Nova Iriansyah saat kunjungan di Pendapa Wakil Bupati Aceh Jaya, Kamis malam (07/03/19).

Lebih lanjut dikatakan Nova, Untuk pasilitas dalam mendukung KEK, sudah relatif memadai dan lokasi juga sudah cukup bagus. “Kabupaten Aceh Jaya, adalah salah satu kabupaten yang menjadi alternatif kita usulkan kepada Bapak presiden, Untuk menjadi kawasan ekonomi khusus dan akan mencakup wilayah Pantai barat selatan”. sebut Nova.

Karnanya, lanjut, Nova, ia mohon dukungan dari seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, bupati, wakil bupati dan lainnya. Agar usul tentang Kawasan Ekonomi Khusus, Pantai Barat Selatan, Aceh, yang berpusat di Kota Calang, bisa diterima presiden, “kalau nanti terwujud, akan mencover semua investasi yang berada di semua pantai barat selatan. Untuk itu Aceh Jaya, harus sudah siap, sarananya.” kata Plt Gubernur Aceh, Nova.

Nova juga berharap, daerah harus menyiapkan. beragam budaya lokal, termasuk atraksi keseniannya ditambah kulinernya, yang menyediakan makanan tradisional menyangkut ikan.

Disinggung terkait isu pembangunan terowongan Geurute, yang sering ‘di jual’ menjelang Pilpres dan Pileg, Nova Iriansyah menyebutkan, bahwa terowongan Geurute sudah di setujui atas bantuan JAIKA.

“Tapi kemudian kita kan menyusun skala prioritas dulu,  Skala prioritasnya yang kita lakukan lebih dahulu adalah, membangun tol dan beberapa gedung, seperti di wilayah Pidie dan Utara”. kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Sembari menambahkan bahwa terkait KEK yang ia sebutkan telah diagendakan masuk kedalam proyek strategis nasional, “tentu, terowongan Geurutee akan mengikutinya”, tukasnya

.

Bagaimana Menurut Anda?