Polres Aceh Jaya Gelar Binlat Bagi Calon Taruna Polri Dan Bintara

5.533 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH JAYA – Polres Aceh Jaya menggelar pelaksanaan Bimbingan dan Latihan (Binlat) dalam rangka rekrutmen anggota polri di halaman Polres Aceh Jaya, Desa Kulam Merisi, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Jumat (14/12/2018).

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Eko Purwanto, melalui Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) AKP Yusuf Hariadi, kepada buanaindonesia di ruang kerjanya, Jumat petang mengatakan, Binlat yang dilakukan itu bertujuan untuk mendapatkan calon anggota Polri yang berkualitas, unggul dan kompetitif. “Karnanya, perlu di laksanakan rekrutmen proaktif melalui kegiatan pembinaan bagi calon anggota Polri tahun 2019”, ucapnya.

“Sehingga kedepan diharapkan dapat mewujudkan Polri yang promoter, profesional, moderen, terpercaya serta berprestasi dan indoaktif”, tutur AKP Yusuf.

Untuk program Binlat ini, sambung Kapolres, sudah berjalan sejak lima tahun lalu “ini dilakukan sebagai tahap awal sebelum seleksi kepada calon Bintara Polri dan calon Taruna Polri”. Imbuhnya.

Pra seleksi yang dilakukan ini juga disosialisasikan ke sekolah-sekolah, termasuk sekolah unggul. “Anak-anak yang berprestasi dapat ikut sebagai calon bintara dan taruna, sehingga Polri bisa mendapatkan bibit-bibit unggul”. paparnya.

Dalam mengikuti seleksi bagi Polki (Polisi laki) dan Polwan (Polisi Wanita) kata dia, ada syarat khusus, yakni mempunyai tinggi badan 165 Cm bagi Polki Bintara, untuk Polwan Bintara 160. Sedangkan bagi calon Taruna Akpol 163 Cm, itu syarat mutlak yang harus terpenuhi.

Selain itu, masih kata AKP Yusuf, nilai-nilai pendukung bagi siswa-siswi berprestasi disekolah, dari rangking 1 – 10, lalu bagi siswa-siswi yang berprestasi, baik tingkat provinsi, nasional dan internasional dengan beragam prestasi, baik olahraga, agama, organisasi dan sebagainya, menjadi syarat yang mendukung,

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, Untuk sosialisasi telah dilakukan di tingkat SLTA wilayah Aceh Jaya, “peminatnya cukup banyak. Animo siswa sangat luarbiasa dalam mengikuti Binlat ini”, tandasnya

Sementara, salah satu peserta Binlat, Mahfud, 17 tahun, siswa SMAN 1 Calang, mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan Bimlat dangat membantu dirinya dalam mempersiapkan diri untuk jadi anggota polri. “Dengan kegiatan ini dapat mempermudah kami. Sehingga kedepan dapat mengetahui di mana kekurangan-kekurangan kami dalam mengikuti tes seleksi Polri 2019 ini. Polri adalah cita-cita saya dari kecil,”. ungkapnya.

Bagaimana Menurut Anda?