Ratusan Keuchik Ikuti Sosialisasi Santunan Kematian

6.116 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, ACEH SELATAN –  Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan lakukan Sosialisasi Santunan Kematian, DenganTujuan untuk memberikan pemahaman tentang program yang di gagas oleh Bupati dan Wakil Bupati (H.Azwir S SOS dan Tgk Amran).

Samsul Bahri SH (Kabag Kesra), mengatakan melalui kegiatan sosialisasi itu diharapkan  para Camat, para Keuchik, betul – betul bisa membantu masyarakat. Agar tidak ada permasalahan permohonan atau surat keterangan ahli waris yang salah lagi, di kemudian. untuk dapat disampaikan pada masyarakat,” urainya Samsul Bahri SH di Rumah Agam Tapaktuan, Selasa 26/3/2019.

Turut dihadiri, para SKPK, para Camat, para Keuchik, Tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menjelaskan, setiap manusia atau masyarakat Aceh Selatan yang meninggal dunia, sudah pasti ada berpotensi resiko bagi orang lain yakni meninggalkan beban biaya yang harus ditanggung bagi keluarga yang ditinggalkan.

“Untuk itu Pemerintah Daerah berupaya melakukan program santunan kematian agar dapat mengurangi beban serta kebutuhan masyarakat yang ditinggalkan,” jelasnya.

Sosialisasi ini, sambung Wabup Tgk Amran, merupakan perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan kepada masyarakat yang mengalami musibah, dan juga bentuk kepedulian sosial terhadap beban yang ditinggalkan.

Kemudian, petunjuk operasional bantuan sosial yang tidak dapat direncanakan untuk tujuan kematian, sudah tertuang dalam Peraturan Bupati Kabupaten Aceh Selatan Nomor 17 tahun 2018.

Wabup Tgk Amran menghimbau kepada semua yang ikut agar dapat mensosialisasikan program itu dan menjelaskan kepada masyarakat apa yang harus dipenuhi supaya mendapatkan santunan kematian.

“Santunan kematian, lanjut Wabup, perlu adanya pemahaman bersama baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Gampong dalam Kabupaten Aceh Selatan, agar santunan ini tepat sasaran sesuai visi dan misi dan berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Bagaimana Menurut Anda?